Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengenal 3 Tipe Diabetes, Apa Saja?

Diabetes merupakan penyakit ini tergolong kronis, yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi. Berikut tipe-tipe diabetes.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 November 2021  |  07:48 WIB
Diabetes adalah penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah. Gula darah sangat vital bagi kesehatan karena merupakan sumber energi yang penting bagi sel-sel dan jaringan.  - Klikdokter/Shuttlecock
Diabetes adalah penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah. Gula darah sangat vital bagi kesehatan karena merupakan sumber energi yang penting bagi sel-sel dan jaringan. - Klikdokter/Shuttlecock

Bisnis.com, JAKARTA - Penyakit diabetes diketahui memiliki beberapa jenis atau tipe yang umum ditemui.

Namun, sebelum mengenal tipe-tipe diabetes, perlu diketahui penyakit ini tergolong kronis, yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi. Apabila penyakit ini tidak dikontrol dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.

Mengutip dari Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal (NIDDK), glukosa darah merupakan sumber energi utama yang berasal dari makanan yang dimakan. Glukosa dari makanan ini masuk ke sel dan menjadi energi.

Sementara itu, Departemen Kesehatan & Layanan Kemanusiaan AS, menyebutkan beberapa jenis diabetes yang paling umum yaitu:

1. Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1 disebabkan oleh reaksi autoimun yang menghentikan tubuh dari membuat insulin. Sekitar 5-10 persen penderita diabetes memiliki diabetes tipe 1.

Gejala ini sering berkembang dengan cepat. Biasanya didiagnosis pada anak-anak, remaja, dan dewasa muda.

2. Diabetes Tipe 2

Sekitar 90-95 persen penderita diabetes memiliki diabetes tipe 2. Penderita ini berkembang selama bertahun-tahun dan biasanya didiagnosis pada orang dewasa.

Diabetes tipe 2 dapat dicegah atau ditunda dengan perubahan gaya hidup sehat, seperti menurunkan berat badan, makan makanan sehat, dan aktif.

3. Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional berkembang pada ibu hamil yang tidak pernah menderita diabetes.

Jika seseorang menderita diabetes gestasional, bayi bisa berisiko lebih tinggi mengalami masalah kesehatan. Diabetes ini biasanya hilang setelah bayi lahir, tetapi dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 di kemudian hari.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diabetes penyakit Penyakit Diabetes gula darah

Sumber : tempo.co

Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top