Diabetes adalah penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah. Gula darah sangat vital bagi kesehatan karena merupakan sumber energi yang penting bagi sel-sel dan jaringan. /Klikdokter-Shuttlecock
Health

Mengenal 3 Tipe Diabetes, Apa Saja?

Newswire
Minggu, 28 November 2021 - 07:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyakit diabetes diketahui memiliki beberapa jenis atau tipe yang umum ditemui.

Namun, sebelum mengenal tipe-tipe diabetes, perlu diketahui penyakit ini tergolong kronis, yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi. Apabila penyakit ini tidak dikontrol dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.

Mengutip dari Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal (NIDDK), glukosa darah merupakan sumber energi utama yang berasal dari makanan yang dimakan. Glukosa dari makanan ini masuk ke sel dan menjadi energi.

Sementara itu, Departemen Kesehatan & Layanan Kemanusiaan AS, menyebutkan beberapa jenis diabetes yang paling umum yaitu:

1. Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1 disebabkan oleh reaksi autoimun yang menghentikan tubuh dari membuat insulin. Sekitar 5-10 persen penderita diabetes memiliki diabetes tipe 1.

Gejala ini sering berkembang dengan cepat. Biasanya didiagnosis pada anak-anak, remaja, dan dewasa muda.

2. Diabetes Tipe 2

Sekitar 90-95 persen penderita diabetes memiliki diabetes tipe 2. Penderita ini berkembang selama bertahun-tahun dan biasanya didiagnosis pada orang dewasa.

Diabetes tipe 2 dapat dicegah atau ditunda dengan perubahan gaya hidup sehat, seperti menurunkan berat badan, makan makanan sehat, dan aktif.

3. Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional berkembang pada ibu hamil yang tidak pernah menderita diabetes.

Jika seseorang menderita diabetes gestasional, bayi bisa berisiko lebih tinggi mengalami masalah kesehatan. Diabetes ini biasanya hilang setelah bayi lahir, tetapi dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 di kemudian hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro