Ilustrasi vitamin D/
Health

5 Tanda Kamu Mungkin Terlalu Banyak Mengonsumsi Vitamin D

Ni Luh Anggela
Jumat, 3 Desember 2021 - 17:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA  - Ketika berbicara tentang menjaga kesehatan tulang dan gigi, pikiran kita langsung tertuju pada vitamin D. Selain bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi, mereka juga memiliki manfaat lain seperti mengatur kadar kalsium hingga mencegah sejumlah penyakit serius.

Sinar ultraviolet B (UVB) dari pancaran sinar matahari adalah sumber utama vitamin D, tetapi Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dari beberapa jenis makanan dan suplemen tambahan.

Pada anak-anak yang tidak mendapatkan cukup vitamin D dalam makanan mereka misalnya, berisiko mengalami kelainan bentuk tulang seperti rakhitis. Sementara pada orang dewasa, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan osteomalasia, kelainan pada tulang yang menyebabkan tulang seseorang menjadi lunak, sehingga mudah patah.

Sangat baik jika Anda selalu memenuhi asupan vitamin Anda, terutama vitamin D, mengingat beberapa efek buruk yang dapat terjadi jika kita kekurangan vitamin ini.

Namun, penting juga untuk tidak mengonsumsinya terlalu banyak.

Melansir Express, Jumat (3/12/2021), NHS memperingatkan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi suplemen vitamin D dalam waktu singkat karena dapat menyebabkan hiperkalsemia.

Hiperkalsemia merupakan kondisi dimana tubuh terlalu banyak menyerap kalsium, menyebabkan tulang menjadi lemah dan bahkan dapat merusak ginjal.

Tidak mengonsumsinya lebih dari 100 mikrogram atau 4.000 IU dalam sehari bisa membantu Anda menghindari kondisi ini. Ini berlaku untuk orang dewasa, termasuk wanita hamil dan menyusui, orang tua, dan anak-anak berusia 11 hingga 17 tahun.

Jika Anda mengalami hiperkalsemia, Anda mungkin akan mengalami lima gejala berikut:

· Merasa mual

· Nafsu makan menurun

· Beberapa pasien mungkin mengalami muntah,

· Kehilangan berat badan

· Sakit perut dan diare

Dalam kasus yang paling ekstrim, kondisi ini bahkan dapat menyebabkan gagal ginjal.

NHS merekomendasikan untuk mengonsumsi vitamin D 10 mikrogram dalam satu hari bagi orang dewasa dan untuk anak-anak di bawah 10 tahun tidak mengonsumsinya lebih dari 50 mikrogram dalam satu hari.

Beberapa orang mungkin mengalami kondisi medis dimana mereka berjuang untuk mendapatkan vitamin D. Dalam hal ini, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter dan mengikuti saran dari mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro