Ilustrasi pria mengalami gejala kanker paru-paru/Freepik
Health

7 Gejala Kanker Paru-Paru, Waspadai Nyeri di Dada!

Tresia
Selasa, 7 Desember 2021 - 17:02
Bagikan

Bisnis.com, Jakarta - Politisi senior asal Amerika Serikat Robert Joseph Dole atau Bob Dole meninggal dunia akibat kanker paru-paru. Simak gejala kanker paru-paru yang harus Anda waspadai.

Elizabeth Dole Foundation mengungkapkan Senator Robert Joseph Dole meninggal pada usia 98 tahun ketika tidur. Bob Dole telah melayani menjadi wakil rakyat Amerika Serikat selama 79 tahun.

Berikut 7 tanda kanker paru-paru yang muncul pada tubuh seperti dikutip dari Eat This, Selasa (7/12/2021). Waspadai nyeri di area dada!

1. Area Nyeri: Dada dan Tulang Rusuk

Dikutip dari Medical News Today, kanker paru-paru merupakan penyakit kanker paling umum kedua di Amerika Serikat. Salah satu gejala kanker paru-paru adalah nyeri tulang rusuk atau nyeri dada yang semakin parah saat bernapas dalam-dalam, batuk, atau tertawa.

Gejala lainnya yang harus diwaspadai termasuk batuk darah atau dahak serta sesak napas.

2. Jenis Nyeri: Samar atau Tajam

Pada pasien kanker paru-paru, nyeri akut sering dirasakan di daerah dada dan lumbal (punggung bawah) tubuh. Sekitar 20 persen pasien dengan kanker paru-paru datang dengan nyeri dada saat diagnosis.

Rasa nyeri meningkat dalam keparahan sebagai kemajuan kanker paru-paru, dengan pasien pada tahap selanjutnya dari penyakit mengalami lebih banyak rasa sakit.

3. Keadaan Nyeri: Bernafas, Batuk, dan Tertawa

Dilansir dari Cancer Center, nyeri di dada, punggung atau bahu yang memburuk saat batuk, tertawa atau bernapas dalam-dalam, adalah salah satu efek dari kanker paru-paru.

4. Jenis Batuk: Kronis, Kering, Dengan Dahak, Parah, atau dengan Darah

Gejala awal kanker paru-paru bisa mungkin berupa batuk ringan atau sesak napas, tergantung pada bagian paru mana yang terkena. Saat kanker berkembang, gejala ini bisa menjadi lebih parah atau intens.

Seperti banyak jenis kanker lainnya, kanker paru-paru. juga dapat menyebabkan gejala sistemik, seperti kehilangan nafsu makan atau kelelahan umum.

5. Pernafasan: Sering Sesak Nafas, atau Mengi

Terjadinya infeksi pada pernapasan adalah penyebab dari Tumor paru-paru yang dapat menyumbat jalan napas, hal itu sering menyebabkan infeksi seperti bronkitis dan pneumonia. Batuk darah atau lendir berdarah juga bisa terjadi.

6. Tubuh Merasa Mudah Lelah dan Tidak Nasfu Makan

Jika istirahat atau tidur tidak menghilangkan rasa lelah, mungkin kelelahan tersebut terjadi akibat dari efek kanker paru-paru atau sebagai efek samping dari pengobatan kanker paru-paru.

Pada beberapa orang, kelelahan merupakan gejala awal dari adanya kanker paru-paru. Hal ini dialami oleh hampir semua pasien yang menjalani pengobatan kanker hingga 90 persen pasien yang diobati dengan terapi radiasi dan hingga 80 persen pasien yang diobati dengan kemoterapi melaporkan mengalami kelelahan.

7. Gejala Kanker Paru-Paru Umum Lainnya

Dada terasa sesak atau tertekan, suara serak, pembengkakan kelenjar getah bening, kelelahan, atau penurunan berat badan adalah tanda-tanda lain dari kanker paru-paru, menurut Mayo Clinic.

Jika Anda mengalami hal tersebut atau salah satu masalah lain yang tercantum di sini, segera hubungi profesional medis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro