Infeksi saluran kemih pada perempuan
Health

Gejala dan Penyebab Utama Infeksi Saluran Kemih

Annasa Rizki Kamalina
Selasa, 7 Desember 2021 - 22:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Infeksi saluran kemih (ISK) terjadi akibat kehadiran mikroba. Sebagian besar ISK disebabkan oleh bakteri, tetapi beberapa terjadi akibat jamur dan dalam kasus yang jarang terjadi oleh virus. 

ISK menjadi kasus yang umum terjadi pada semua orang, baik pria dan perempuan. Untuk memahaminya, Anda perlu tahu bagian mana saja yang termasuk dalam saluran kemih. Saluran kemih Anda terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra.

Kebanyakan ISK hanya melibatkan uretra dan kandung kemih, disebut sebagai ISK saluran bawah. Namun, ISK dapat melibatkan ureter dan ginjal, atau infeksi saluran atas. ISK saluran atas jarang terjadi namun dapat muncul lebih parah kondisinya dari infeksi saluran bawah.

Mengingat dapat terjadi pada siapa saja, pahami gejala ISK agar segera mendapat penanganan dari dokter yang bertanggung jawab.

Gejala ISK

Gejala infeksi dapat dirasakan secara langsung pada awal masa infeksi. Rasa sakit pada pinggang menjadi pertanda adanya mikroba dalam saluran kemih Anda. Sementara itu, pada pria biasanya diikuti dengan rasa sakit di bagian dubur. 

Gejala ISK tergantung pada bagian mana dari saluran kemih yang terinfeksi. Berikut gejala ISK saluran bawah, melansir dari Healthline. 

1. Sensasi terbakar saat buang air kecil 

2. Peningkatan frekuensi buang air kecil dengan urin yang sedikit

3. Peningkatan urgensi buang air kecil

4. Kencing berdarah

5. Urin keruh

6. Urin yang terlihat seperti cola atau teh

7. Urin yang memiliki bau yang kuat

8. Nyeri panggul pada wanita

9. Nyeri dubur pada pria

ISK saluran atas mempengaruhi ginjal. Hal itu bisa berpotensi mengancam nyawa jika bakteri berpindah dari ginjal yang terinfeksi ke dalam darah. Kondisi ini, yang disebut urosepsis, dapat menyebabkan tekanan darah rendah yang berbahaya, syok, dan kematian.

Gejala ISK saluran atas meliputi:

1. Rasa sakit dan nyeri di punggung atas dan samping

2. Panas dingin

3. Demam

4. Mual

5. Muntah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro