Ilustrasi Covid-19 varian Omicron/DW.com
Health

WHO Pastikan Vaksinasi Mampu Melindungi Pasien dari Varian Omicron

John Andhi Oktaveri
Rabu, 8 Desember 2021 - 11:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memastikan bahwa vaksin yang ada saat ini masih mampu melindungi orang yang terpapar varian Omicron dari kasus Covid yang parah.

Direktur Kedaruratan WHO, Mike Ryan mengatakan hal itu setelah uji laboratorium tes pertama dari varian baru di Afrika Selatan yang menunjukkan bahwa sebagian varian dapat menghindari vaksinasi Pfizer.

Peneliti mengakui memang ada "penurunan yang sangat besar" dari kekuatan antibodi vaksin untuk menetralkan strain baru. Akan tetapi Ryan mengatakan tidak ada tanda Omicron akan lebih baik dalam menghindari vaksin daripada varian lainnya.

"Kami memiliki vaksin yang sangat efektif yang telah terbukti efektif melawan semua varian sejauh ini dalam hal penyakit parah dan rawat inap sehingga tidak ada alasan untuk mengatakan bahwa vaksin itu tidak efektif untuk Omicron, ujar dokter tersebut seperti dikutip BBC.com, Rabu (8/12).

Data awal menunjukkaan Omicron tidak membuat orang lebih sakit daripada Delta dan strain lainnya. "Jika ada, arahnya ke arah yang lebih ringan," katanya.

Sebuah studi terbaru di Afrika Selatan, yang belum ditinjau oleh rekan sejawat, menemukan bahwa vaksin Pfizer/BioNTech mungkin 40 kali lebih efektif melawan Omicron daripada jenis Covid asli.

Akan tetapi kemampuan Omicron untuk lolos dari antibodi vaksin "tidak sempurna", kata Prof Alex Sigal, ahli virus di Africa Health Research Institute yang memimpin penelitian itu.

Dia mengatakan hasilnya, berdasarkan tes darah dari 12 orang, "lebih baik dari yang saya harapkan dari Omicron".

Sigal mengatakan bahwa vaksinasi yang dikombinasikan dengan infeksi sebelumnya masih bisa menetralisir varian tersebut. Vaksinasi itu menunjukkan bahwa booster dapat membawa manfaat yang signifikan, katanya.

Para ilmuwan percaya bahwa infeksi sebelumnya, yang diikuti dengan vaksinasi atau booster, kemungkinan akan meningkatkan tingkat netralisasi dan mungkin akan melindungi orang dari penyakit parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : BBC
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro