Ilustrasi Covid-19 varian Omicron/DW.com
Health

Riset Bloomberg : Indonesia Masuk Negara dengan Ketahanan Covid Terburuk

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 9 Desember 2021 - 11:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil riset yang dirilis Bloomberg menempatkan Indonesia sebagai negara dengan ketahanan terhadap covid yang buruk, termasuk saat menghadapi varian omicron dan munculnya musim dingin.

Dalam peringkat tersebut, Indonesia berada pada urutan ke 52 dari daftar total 53 negara. Di riset tersebut, setelah Indonesia, ada Filipina yang berada di urutan buncit.

Asia Tenggara terus menempati peringkat terbawah, dengan Filipina yang tersisa di tempat terakhir, diikuti oleh Indonesia, Vietnam dan Malaysia. Dua tempat terendah di Peringkat telah memberikan kurang dari 100 suntikan Covid per 100 orang, penghalang utama untuk meningkatkan skor mereka.

Sementara itu, India naik 19 peringkat ke No. 26 pada November, kembali ke paruh teratas Peringkat untuk pertama kalinya sejak wabah delta yang menghancurkan negara itu awal tahun ini.  

Sedangkan, setelah mendominasi peringkat teratas Peringkat Ketahanan Covid Bloomberg selama berbulan-bulan, Eropa dan Uni Emirat Arab sebagian besar telah lolos dari yang terburuk.

Meski Kasus harian tetap ada di bawah seratus per hari sejak pertengahan Oktober di UEA, kematian jarang terjadi dan merupakan salah satu tempat yang paling banyak divaksinasi di dunia.

Negara-negara Eropa mencatat delapan penurunan terbesar bulan ini, dipimpin oleh Austria yang anjlok 31 tempat setelah menjadi yang pertama di benua itu yang memasuki kembali penguncian nasional. Irlandia, penampil teratas pada bulan September dan Oktober, turun tiga tempat ke No. 4.

Chili dan Finlandia berada di peringkat kedua dan ketiga, dengan tingkat vaksinasi yang tinggi dan membuka diri untuk pengunjung, dengan pemulihan ekonomi yang kuat diharapkan di Chili khususnya saat memasuki periode musim panas. 

AS melompat ke No. 13 pada bulan November karena melihat jeda dari gelombang varian delta dan setelah itu pindah untuk membuka kembali perbatasan sepenuhnya untuk orang yang divaksinasi. Inggris Raya juga membaik, naik 13 peringkat ke peringkat 12 karena kematian tetap rendah dan pemerintah menjanjikan orang Inggris merayakan Natal tanpa penguncian. Namun, kasus-kasus kembali meningkat di beberapa daerah dan AS khususnya sedang berjuang dengan tingkat vaksinasi yang stagnan, meningkatkan risiko kembalinya pembatasan pergerakan orang.

Dengan datangnya Omicron bisa saja mengubah peringkat itu. Meskipun masih banyak yang harus dipelajari tentang seberapa cepat jenis baru itu menyebar dan apakah dia mampu menghindari vaksin yang ada.

Kini, sebagian besar negara juga mulai membatasi perjalanan luar negerinya lagi.

Peringkat Ketahanan Covid adalah gambaran bulanan di mana virus ditangani paling efektif dengan pergolakan sosial dan ekonomi paling sedikit. Disusun menggunakan 12 indikator data yang mencakup penahanan virus, kualitas perawatan kesehatan, cakupan vaksinasi, kematian secara keseluruhan, dan kemajuan menuju memulai kembali perjalanan, Pemeringkatan tersebut menangkap bagaimana 53 ekonomi terbesar di dunia merespons ancaman sekali dalam satu generasi yang sama.

Berikut daftar lengkap peringkat ketahanan covid di dunia melansir dari Bloomberg:

1. U.A.E.
2. Chile
3. Finlandia
4. Irlandia
5. Spanyol
6. Turi
7. Kanada
8. Swedia 
9. Prancis 
10. Denmark
11. Norway
12. U.K.
13. U.S.
14. Colombia
15. Japan
16. South Korea
17. Bangladesh
18. Portugal
19. Israel
20. Hong Kong
21. Iraq
22. Iran
23. Argentina
24. Saudi Arabia
25. Switzerland
26. India
27. Italy
28. Mainland China
29. Brazil
30. Netherlands
31. Belgium
32. Germany
33. Australia
34. Greece
35. Taiwan
36. New Zealand
37. Singapore
38. Peru
39. Pakistan
40. Nigeria
41. Romania
42. Egypt
43. Mexico
44. Russia
45. South Africa
46. Czech Republic
47. Thailand
48. Austria
49. Poland
50. Malaysia
51. Vietnam
52. Indonesia
53. Philippines

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro