Ilustrasi Obat COvid-19./Antara
Health

Obat Covid Buatan China Ini Diklaim Cegah Rawat Inap dan Kematian hingga 80 Persen

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 11 Desember 2021 - 07:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Obat anti-COVID-19 pertama di China yang menggunakan "terapi koktail antibodi" telah disetujui untuk dipasarkan, setelah terbukti efektif dalam mengurangi risiko rawat inap atau kematian di antara pasien COVID-19 berisiko tinggi hingga 80 persen.

Obat ini juga diklaim bisa menetralkan varian Omicron.

Obat tersebut menunjukkan efek keamanan dan perlindungan yang sangat baik dalam uji coba multi-pusat internasional, dan merupakan satu-satunya obat antibodi di dunia yang telah mengevaluasi kemanjuran pengobatan pasien dengan galur mutan dan memperoleh hasil terbaik, Zhang Linqi, profesor yang memimpin penelitian dan pengembangan obat di Fakultas Kedokteran Universitas Tsinghua.

Melansir Global Times, studi menunjukkan bahwa obat tersebut dapat mempertahankan aktivitas penetralisir terhadap berbagai varian termasuk Alpha, Delta dan Omicron. Pada langkah berikutnya, tim Zhang akan menyelidiki efek pencegahan dari "terapi koktail antibodi" ini di antara orang-orang yang berisiko tinggi dan dengan gangguan kekebalan, kata profesor itu.

Dengan satu suntikan, koktail antibodi dapat bertahan di tubuh manusia selama sekitar sembilan hingga 12 bulan. Selain kemanjuran terapeutik yang ditunjukkan dalam uji klinis, itu juga dapat digunakan untuk pencegahan epidemi. "Obat antibodi dan vaksin saling melengkapi. Jika orang yang memiliki penyakit yang mendasari atau kekebalan tidak dapat mengambil vaksin, mereka dapat memilih untuk mengambil obat ini daripada mendapatkan antibodi terhadap COVID-19," kata Zhang.

Koktail antibodi mengandung dua antibodi monoklonal - Brii-196 dan Brii-198 - yang menerima persetujuan darurat dari regulator obat top China, Administrasi Produk Medis Nasional, pada hari Rabu. Persetujuannya menandakan bahwa China memiliki obat anti-COVID-19 pertama yang sepenuhnya dikembangkan dan terbukti di dalam negeri yang telah menjalani uji coba acak, tersamar ganda, dan terkontrol plasebo yang ketat.

Terapi ini dikembangkan bersama oleh Universitas Tsinghua, Rumah Sakit Rakyat Ketiga Shenzhen dan Brii Biosciences.

Mekanisme utama obat tersebut menetralkan virus corona baru, mencegah virus diserap ke sel yang rentan dan dengan demikian mencegah virus atau materi genetiknya memasuki sel untuk berkembang biak.

Penelitian ini dilakukan di beberapa pusat uji klinis di seluruh dunia, termasuk AS, Brasil, Afrika Selatan, Meksiko, Argentina, dan Filipina. Hasil uji klinis menunjukkan bahwa "terapi koktail antibodi" mengurangi risiko rawat inap dan kematian di antara pasien COVID-19 yang berisiko tinggi hingga 80 persen. Sembilan kematian terlihat pada kelompok plasebo sementara tidak ada kematian pada kelompok perlakuan.

Sejak Juni, Brii Biosciences telah bekerja dengan lembaga pemerintah dan rumah sakit untuk menyumbangkan sekitar 3.000 dosis, yang membantu merawat sekitar 900 pasien COVID-19 di seluruh negeri, termasuk mereka yang berasal dari Guangdong, Yunnan, dan Mongolia Dalam.

Tim tersebut mengajukan aplikasi untuk persetujuan penggunaan darurat ke Badan Pengawas Obat dan Makanan AS pada bulan Oktober, yang berarti obat itu kemungkinan akan menjadi obat pertama yang menerima otorisasi penggunaan darurat di negara maju.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro