Ilustrasi/Skinadvice
Relationship

Usia Anda 40 Tahun ke Atas ? Ini yang Harus Dilakukan Agar Tetap Bugar dan Awet Muda

Mia Chitra Dinisari
Senin, 13 Desember 2021 - 14:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Usia 40 tahun disebutkan mulai terjadi penuaan dan penurunan kesehatan pada seseorang.

Setelah 40 tahun, risiko kesehatan tertentu meningkat. Dan beberapa orang mengalami proses penuaan alami dengan masih menjalani kebiasaan sehari-hari kurang baik. Akibatnya, ini akan mempercepat penuaan dan juga membuat kondisi kesehatan menurun.

Kabar baiknya: Anda dapat membuat beberapa perubahan gaya hidup mudah yang akan membuat Anda tetap merasa muda selama beberapa dekade setelah usia 40-an. 

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar tetap awet muda dan bugar di usia 40 tahun ke atas seperti dilansir dari Eat This :

1. Lakukan olahraga ini 

Saat berolahraga, jangan lewatkan latihan kekuatan. Tidak hanya meningkatkan metabolisme dengan mendorong pertumbuhan otot tanpa lemak, tetapi juga menjaga tulang tetap kuat. Pada usia 40, kepadatan tulang kita turun sekitar 1 persen setiap tahun. Latihan beban menyebabkan otot menarik tulang di dekatnya, yang meningkatkan kepadatannya. Studi menunjukkan bahwa bahkan angkat beban ringan dengan repetisi yang lebih tinggi dapat memiliki efek itu. Para ahli merekomendasikan dua latihan latihan kekuatan per minggu.

2. Kurangi Gula

Setelah usia 40, kemungkinan mengembangkan penyakit kronis tertentu meningkat, termasuk obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan demensia. Mengurangi sumber gula tambahan dalam makanan Anda—khususnya minuman yang dimaniskan dengan gula, biji-bijian olahan, makanan olahan, dan makanan cepat saji—dapat mengurangi risiko masing-masing sumber gula tersebut. "Gula tambahan adalah ancaman kesehatan nomor satu yang paling signifikan di Amerika," kata David Zinczenko, penulis buku terlaris Zero Sugar Diet. "Semakin banyak gula tambahan yang masuk ke dalam diet Anda, semakin sedikit makanan sehat yang akan Anda makan sepanjang hari. Dan semakin cepat Anda menua."

3. Berhubungan Seks

Bisakah seks membuat Anda terlihat lima hingga tujuh tahun lebih muda? Itulah temuan seorang psikolog Inggris yang menghabiskan satu dekade mewawancarai orang-orang tentang kehidupan seks mereka. Peserta studi antara usia 40 dan 50 yang tampak lebih muda dari rekan-rekan mereka melaporkan berhubungan seks 50 persen lebih sering, lapor Dr. David Weeks. Alasan potensial: Orgasme melepaskan hormon pertumbuhan manusia dan merangsang proses biologis lain yang membuat Anda terlihat dan merasa muda.

4 Jaga Kesehatan Mental Anda

Masalah kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi dapat muncul seiring bertambahnya usia, bahkan pada orang yang tidak pernah mengalaminya di masa mudanya. Tanda-tandanya bisa tidak kentara—jika Anda mengalami peningkatan iritabilitas, kelelahan, atau gangguan tidur, bicarakan dengan dokter Anda.

5. Lakukan diet ini

Sebuah studi yang diterbitkan musim semi lalu di jurnal Aging menemukan kemungkinan untuk mengurangi usia biologis tiga tahun dalam delapan minggu dengan membuat beberapa diet sederhana dan perubahan gaya hidup. Itulah yang ditemukan para peneliti dalam kelompok uji yang mengonsumsi sebagian besar pola makan nabati dengan suplemen probiotik, berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari, melakukan latihan relaksasi, dan tidur setidaknya tujuh jam semalam. Para ilmuwan menemukan bahwa DNA peserta penelitian menjadi 3,23 tahun lebih muda, rata-rata, setelah hanya dua bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro