Webinar Digital Marketing. Bisnis/Istimewa
Fashion

Peran Digital Marketing Kembangkan Karier dan Bisnis

MG Noviarizal Fernandez
Rabu, 22 Desember 2021 - 18:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Pemasaran digital atau digital marketing kian menjadi hal yang penting bagi banyak orang, khususnya kalangan anak muda. Bahkan saat ini, tak jarang dari anak muda Indonesia yang menjadikan digital marketing sebagai aktivitas untuk menunjang pengembangan bisnis atau karier.

Irfan Rahdian, Digital Marketing Manager Auntie Anne's mengatakan, digital marketing semakin penting keberadaannya karena tiga hal yakni kian banyaknya orang yang memanfaatkan digital platform, memudahkan brand terhubung ke konsumen, serta membantu pertumbuhan brand.

"Sebagai gambaran, pekerjaan yang punya relevansi dengan digital marketing itu seperti account executive, graphic designer, content writer, copy writer, dan masih banyak lagi. Jadi digital marketing itu bidang yang sangat luas untuk dieksplorasi untuk berkarier. Berbisnis pun, jika punya skill digital marketing, itu sangat  membantu," ucap Irfan di GueMuda Webinar Series berjudul The Power of Digital Marketing,” Selasa (22/12/2021).

Pada kesempatan yang sama, Digital Marketing Lead Ruangguru Frastika Geovani menilai bahwa kebutuhan tenaga digital marketing terus meningkat seiring dengan kebutuhan bisnis dalam meningkatkan penjualan. Melalui paparannya, Tika menjelaskan, tenaga digital marketing telah menjadi pekerjaan dengan permintaan paling tinggi selama era pandemi ini.

Dengan permintaan setinggi itu, waktu untuk belajar digital marketing jadi tak bisa ditawar lagi. Ini bisa menjadi peluang yang besar untuk pengembangan bisnis atau karier,” kata Tika.

Berangkat dari hal ini, Tika pun menyarankan agar siapa saja yang ingin belajar digital marketing dari yang paling dasar berupa data analytical, content and copy writing, serta komunikasi dan kreativitas.

Langkah berikutnya adalah memilih platform digital apa saja yang ingin dikuasai, misal Facebook Ads dan Google Ads. Opsi lain untuk belajar lebih cepat dan menyeluruh dengan mengikuti bootcamp.

"Selanjutnya kita bisa membangun portofolio yang isinya bekerja di mana, freelance apa, pernah membantu bisnis apa, dan lain-lain," sambung Tika.

Baik Irfan maupun Tika bersepakat, digital marketing menawarkan peluang karier yang begitu besar untuk anak muda di Indonesia. Terlebih penerapan ilmu tersebut bisa untuk tempat kerja maupun untuk berbisnis.

Seperti yang diketahui, pekerjaan di bidang digital marketing adalah yang paling tinggi kebutuhannya saat ini. Saat ini pun sudah begitu banyak sarana yang gratis maupun berbayar yang bisa diakses siapa pun untuk menambah wawasan mengenai digital marketing.

"Kalau aku lebih ke nge-follow suhu-suhu digital marketing yang hobi nge-share pengalamannya," ucap Tika.

Sementara itu Irfan menilai, upaya belajar bisa dimulai dari sekeliling kita dahulu, mengingat keseharian kita sudah dikelilingi platform digital yang bisa dijadikan wahana observasi. "Belajar bisa dari siapa saja. Dari orang-orang yang jualan atau dari platform formal yang sudah banyak banget," jelas Irfan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Kahfi
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro