Penyelenggaraan vaksinasi anak yang diselenggarakan Sekolah Global Sevilla pada 175 siswa di Jakarta, Rabu (16/12/2021)./Antara
Health

Vaksin Anak Jadi Perlindungan Ekstra Menghadapi Pandemi

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 30 Desember 2021 - 17:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 pada anak usia 6-12 tahun adalah usaha perlindungan ekstra bagi anak dan orang-orang di sekitarnya.

Mengutip covid19.go.id disebutkan setidaknya ada 4 fakta yang perlu kamu ketahui terkait dengan pelaksanaan vaksin anak ini.

Pertama, vaksin yang sudah dapat digunakan adalah produksi Sinovac (vaksin jadi CoronaVac ataupun vaksin COVID-19 yang diolah PT Bio Farma).

Kedua, vaksinnya sudah mendapatkan izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/EUA) dan nomor izin edar dari Badan POM RI.

Ketiga, rekomendasi penggunaan vaksin sudah melalui uji coba dan pemantauan yang memastikan keamanan dan efektivitasnya.

Keempat, vaksinasi anak usia 6-11 tahun akan dilakukan di berbagai sentra seperti Puskesmas, Rumah Sakit, pos pelayanan vaksinasi, di sekolah atau satuan pendidikan lainnya maupun lembaga Kesejahteraan sosial anak.

Pemerintah menargetkan 26,4 juta anak usia 6-11 tahun mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemenkes RI, dr. Siti Nadia Tarmidzi mengatakan anak-anak usia 6-11 tahun masih mendapatkan vaksin lainnya selain vaksin Covid-19.

Namun, kata dia, orang tua tidak perlu khawatir. Asalkan, jarak antara vaksin satu dengan vaksin lainnya, baik itu vaksin Covid-19 atau bukan jaraknya minimal 2 minggu. “Jaraknya minimal dua minggu untuk antara vaksin satu dengan vaksin lainnya, baik vaksin Covid-19 atau bukan,” ujar Nadia. “Jangan perlu takut untuk tidak mendapatkan vaksin lagi. Jika tidak dapat vaksin di sekolah silakan datang ke puskesmas terdekat,” lanjutnya.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro