Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Tips Aman Belanja Online Akhir Tahun

Menjelang akhir tahun, biasanya toko online akan memanfaatkan waktu tertentu untuk menjual produk mereka dengan harga diskon.
Tresia
Tresia - Bisnis.com 30 Desember 2021  |  16:13 WIB
Ilustrasi belanja online. / istimewa
Ilustrasi belanja online. / istimewa

Bisnis.com, Jakarta - Menjelang akhir tahun, para pelaku usaha mulai menjual barang atau produk mereka yang belum laku, terutama penjualan yang dilakukan pada toko online dengan skema diskon.

Bagi Anda yang ingin belanja online di akhir tahun, maka baiknya harus waspada dan tidak mudah tergiur dengan tawaran besar-besaran. Diskon dan promo biasanya membuat pembeli terbuai dan ingin segera belanja tanpa pikir panjang.

Cobalah untuk lebih teliti dan sabar dengan membandingkan harga di toko tersebut dengan toko online lainnya, agar anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Namun, Anda juga patut waspada dengan harga produk yang sangat murah dari pasaran. Karena, khawatir barang yang dijual mengalami kerusakan dan tidak terjamin orisinalitasnya. 

Melansir Bank Landingclub, Kamis, (30/12/2021), simak beberapa tips sederhana bagi pembeli agar tetap aman belanja online menjelang akhir tahun. 

  1. Toko Online Terpercaya

Jika kamu ingin berbelanja dengan aman, dan terhindar dari penjual bodong yang memanfaatkan iming-iming akhir tahun. Pilihlah Toko online yang terpercaya dan berkualitas, toko online di Indonesia terbilang cukup banyak apalagi sejak memasuki era pandemi, banyak pelaku usaha yang memanfaatkan bisnis online. 

Meski begitu, kamu tetap harus hati-hati dalam memilih toko online mana yang dapat dipercaya.

Jika kamu menemukan toko online yang baru kamu temui dan belum pernah melakukan transaksi belanja di toko itu, ada baiknya, kamu telusuri dulu dengan jelas track record dan review dari toko online tersebut.

Akhir tahun adalah puncak lalu-lintas dalam belanja online. Tentu kamu tidak mau kan tertipu saat belanja online. Untuk menghindari hal demikian, kamu bisa berbelanja di toko online yang sudah memiliki nama baik dan besar. 

  1. Barang dengan kualitas ‘Baik atau bagus’

Barang dinilai baik dan bagus, tergantung ke pembeli. Namun, kamu harus waspada agar tidak tertipu saat berbelanja online. Ingat, Jangan tertipu dengan harga begitu murah dan berbeda dengan beberapa toko. Agar kamu tidak menelan kekecewaan setelahnya.

  1. Beli sesuai kebutuhan

Menjelang akhir tahun, akan banyak  toko online yang menawarkan barang dengan harga miring. Sebaiknya, Anda mengutamakan barang mana yang benar-benar perlu untuk dibeli. Mulailah dengan mencatat list barang yang wajib dan kurang wajib dibeli.

Alternatif barang yang akan dibeli juga harus kamu list. Barang-barang yang belum masuk ke dalam list berarti belum benar-benar dibutuhkan, sehingga kamu bisa mencoret dan mengganti dengan barang yang lain.

  1. Iklan terpercaya

Media sosial mampu memunculkan Iklan-iklan tanpa waktu yang terbatas, tentu kamu harus melakukan seleksi dengan benar. Iklan-iklan yang tayang tidak semuanya harus di klik.

Pilih iklan yang benar-benar meyakinkan dan harga yang sesuai dengan budget. Jika kamu salah klik iklan kamu akan menyesal, padahal di iklan lain barang yang sama lebih bagus dengan harga yang menarik.

  1. Waktu khusus saat belanja online

Menjelang akhir tahun, biasanya toko online akan memanfaatkan waktu tertentu untuk menjual produk mereka dengan harga diskon. Biasanya mereka mempunyai waktu-waktu tertentu dalam memasang barang diskon besar. Waktu yang paling rentan itu adalah menjelang tengah malam.

Tentu kamu, harus siap-siap bergadang atau hidupkan alarm tengah malam untuk memburu barang impian yang anda inginkan. Selain itu, diskon di waktu khusus ini juga memiliki waktu yang terbatas.

Satu jam, dua jam, atau tiga jam saja. Lebih dari itu akan kembali ke harga normal. Siapa cepat dialah yang akan mendapatkan barang tersebut. Misalnya saja seperti di toko online Shopee yang kerap memanfaatkan waktu tertentu untuk diskon besar-besaran.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

belanja belanja online
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top