Ilustrasi perempuan siap-siap bepergian saat pandemi Covid-19/Freepik
Fashion

Tips Siapkan Uang Liburan untuk Karyawan Bergaji Rp5 Juta

Newswire
Jumat, 31 Desember 2021 - 11:07
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Akhir tahun sudah tiba, pasti banyak masyarakat yang ingin melakukan liburan bersama dengan orang terkasih.

Tahun ini, banyak tempat wisata baru yang dibuka untuk umum. Tempat wisata tersebut pun semakin menarik untuk dikunjungi.

Namun, hal terpenting yang jadi pertimbangan saat hendak berlibur adalah uang.

Melansir dari Tempo, Intitutional Sales Manager PT Schroders Investment Management Indonesia Ricky Samsico memberikan tip untuk liburan di akhir tahun bagi masyarakat berpenghasilan Rp 5 sampai 7 juta perbulan.

Ia mengatakan dalam merencanakan dana untuk liburan akhir tahun, yang utama adalah menentukan destinasi, kapan waktu berangkat, dan berapa lama menetap destinasi tersebut.

"Ini sangat mempengaruhi berapa budget yang harus disiapkan," kata Ricky Samsico, Oktober lalu.

Ricky memberikan rancangan dana untuk bepergian dengan uang Rp 20 juta dalam 1 tahun untuk keluarga dengan satu anak.

1. Menabung sejak awal tahun.

Kita bagi setahun dengan 12 bulan, berarti dalam sebulan harus disisihkan sekitar Rp 1.6 tanpa memperhitungkan bunga. Hal tersebuut dihitung dengan asumsi dalam satu tahun mendapat bunga 4 persen.

"Ini dengan catatan kita investasi di reksadana pasar uang dan asumsi yang konservatif kalau kebetulan dapat bunga yg lebih baik akan bisa menabung lebih sedikit," kata Ricky.

2. Pintar Mengalokasikan dana.

Liburan akhir tahun merupakan high season di mana masyarakat liburan bersama. Menurut Ricky kita harus pintar mengalokasikan dana. Siapkan dana tabungan khusus untuk liburan akhir tahun dan diusahakan jangan berhutang.

3. Dana ideal.

Menurut Finansia Consulting Eko Endarto, dana ideal yang disisihkan untuk liburan akhir tahun adalah 5 persen dari gaji bulanan.

"Persiapan sejak dini, jangan mendadak," kata Eko Endarto.

4. Tiket dini.

Beliah tiket transportasi ke tujuan sejak awal bulan beberapa bulan sebelum liburan. Agar lebih ringan pembelian tersebut bisa dengan kartu kredit yang dicicil hingga Desember.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro