Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan varian Omicron terdeteksi masuk ke Indonesia/Kemenkes RI
Health

Omicron Indonesia 152 Kasus, Menkes: Karantina Kita Sudah Semakin Ketat

Indra Gunawan
Senin, 3 Januari 2022 - 14:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengklaim, kasus Omicron dan Covid-19 Indonesia secara keseluruhan sudah relatif terkendali. Menurut Budi, regulasi karantina juga Indonesia sudah semakin ketat.

“Indonesia berada di posisi ke 40 negara yang mengonfirmasi kasus Omicron dengan 152 kasus per hari ini. Di Asia Tenggara negara yang memiliki kasus tinggi diantaranya Singapura dengan 1.600 kasus dan Thailand 1.500,” ujar Menkes dalam keterangan persnya secara virtual, Senin (3/1/2022).

Dikatakan Omicron juga mengalami lonjakan di India dengan lebih 1.700 kasus. “Indonesia alhamdulillah relatif lebih rendah dibanding populasinya. Karantina kita cukup ketat. Dari 152 kasus, 6 diantaranya transmisi local,” jelas Budi.

Di sisi lain, negara dunia yang sudah mengonfirmasi varian Omicron sudah 408 ribu kasus, naik dibanding pekan sebelumnya 184 ribu di seluruh dunia. Sedangkan negara yang terdeteksi Omicron naik dari 115 negara menjadi 132 negara.

“Paling banyak sekarang ada di Eropa. Inggris, Denmark, itu semua di atas 20 ribu. Begitu juga Amerika Serikat. Afrika Selatan turun ke 1.800-an,” ujar Budi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajaran terkait untuk menyiapkan langkah mitigasi dalam menghadapi kemungkinan terjadinya lonjakan kasus Covid-19 varian Omicron, terlebih lagi saat ini telah ditemukan kasus transmisi lokal.

“Sudah terjadi transmisi lokal kasus Omicron sehingga prosedur mitigasi harus betul-betul kita siapkan. Apalagi lagi kita memasuki tahun baru dan di bulan Januari seluruh sektor sudah bergerak dengan aktivitas-aktivitasnya, baik utamanya yang besar yaitu di sektor pendidikan dan perkantoran,” kata Jokowi saat memimpin Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Senin (3/1/2022), dikutip dari laman Setkab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro