Ilustrasi penerapan pola makan untuk menurunkan berat badan/Endoc
Health

6 Cara Turunkan Badan Badan, Ubah Pola Makan Anda Sekarang!

Annasa Rizki Kamalina
Senin, 3 Januari 2022 - 17:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Program penurunan berat badan atau diet tidak akan sama hasilnya pada semua orang. Simak 6 cara turukan berat badan dan ubah pola makan Anda sekarang juga!

Ketika berdiet, Anda sebaiknya tidak sekadar fokus pada hasil semata, tetapi proses Anda mencapai berat badan ideal. Hal terpenting adalah Anda membuat perubahan kecil yang terus menerus dan bertambah seiring waktu.

Anda sebaiknya jangan menyetop konsumsi makan sesuatu, tapi aturlah pola makan Anda. Ada beberapa cara untuk meningkatkan kebiasaan makan sehingga Anda emiliki tubuh yang lebih proprorsional pada tahun 2022.

Berikut 6 cara menurunkan berat badan yang mudah seperti dikutip dari Eat This, Not That! pada Senin (03/01/2022). Ubah pola makan Anda sekarang juga!

1. Makan Protein saat Sarapan

Protein merupakan zat gizi makro yang dapat ditemukan pada sumber makanan nabati dan hewani. Nutrisi ini sangat penting dalam perbaikan dan pembangunan jaringan tubuh, termasuk otot. Konsumsi protein akan menciptakan rasa kenyang, sehingga keinginan untuk ngemil dan makan banyak dapat menurun.

Sementara protein harus disertakan pada semua makanan, nutrisi ini paling sering diabaikan saat sarapan ketika banyak yang memilih opsi makanan kemasan dengan konsep grab-and-go.

Siapkan makanan berikut untuk sarapan:
1. Telur rebus
2. Greek yogurt
3. Keju cottage
4. Mentega kacang (peanut butter)
5. Protein shake yang sudah jadi
6. Protein bar
7. Daging ayam
8. Sosis sapi/ayam.

2. Utamakan Minum Air

Sebelum Anda minum atau makan apa pun, cobalah minum setidaknya satu gelas air. Anda bisa menambahkan irisan jeruk, daun mint, atau mentimun ke dalamnya untuk menambah rasa. Anda juga bisa menghangatkannya dengan perasan lemon.

Memulai hari Anda dengan segelas air akan membantu Anda mencapai target hidrasi Anda untuk hari itu. Selain itu, dapat mengimbangi jumlah kalori yang lebih tinggi.

3. Porsi Makan: Sayuran Setengah Piring

Bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, coba ubah kebiasaan makan dengan konsumsi setengah piring sayuran saat makan siang dan makan malam.

Ini merupakan cara yang baik untuk menciptakan rasa kenyang dan membatasi makan berlebihan pada makanan yang lebih padat kalori.
Makan lebih banyak sayuran tidak hanya akan menciptakan rasa kenyang, tetapi juga akan meningkatkan asupan serat, antioksidan, dan zat gizi mikro.

Memprioritaskan sayuran akan membantu memastikan Anda mendapatkan porsi setengah piring penuh, dan akan menciptakan lebih banyak rasa kenyang sebelum Anda menikmati makanan lain di piring Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro