Ilustrasi/Thegrindstone
Relationship

Ini Alasan Mengapa Orang Sulit Bahagia

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 4 Januari 2022 - 04:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tingkat kecemasan, depresi, dan tindakan menyakiti diri sendiri terus meningkat di seluruh dunia. 

Menurut sebuah artikel berpengaruh yang diterbitkan dalam Review of General Psychology pada tahun 2005, 50% kebahagiaan orang ditentukan oleh gen mereka, 10% tergantung pada keadaan mereka dan 40% pada "aktivitas yang disengaja".

Selama beberapa dekade, peneliti genetika perilaku melakukan penelitian dengan anak kembar dan menetapkan bahwa antara 40% dan 50% varians dalam kebahagiaan mereka dijelaskan oleh genetika, itulah sebabnya persentase muncul dalam kue kebahagiaan.

Ahli genetika perilaku menggunakan teknik statistik untuk memperkirakan komponen genetik dan lingkungan berdasarkan hubungan keluarga orang, oleh karena itu penggunaan kembar dalam studi mereka. Tetapi angka-angka ini mengasumsikan bahwa kembar identik dan fraternal mengalami lingkungan yang sama ketika tumbuh bersama.

Menanggapi kritik tentang makalah tahun 2005, penulis yang sama menulis makalah pada tahun 2019 yang memperkenalkan pendekatan yang lebih bernuansa tentang efek gen pada kebahagiaan, yang mengenali interaksi antara genetika kita dan lingkungan kita.

Alam dan pengasuhan

Melansir Psychology Today, alam dan pengasuhan tidak berdiri sendiri satu sama lain. Sebaliknya, genetika molekuler, studi tentang struktur dan fungsi gen pada tingkat molekuler, menunjukkan bahwa mereka terus-menerus mempengaruhi satu sama lain. Gen mempengaruhi perilaku yang membantu orang memilih lingkungan mereka. Misalnya, ekstroversi yang diturunkan dari orang tua kepada anak-anak membantu anak-anak membangun kelompok persahabatan mereka.

Sama halnya, lingkungan mengubah ekspresi gen. Misalnya, ketika ibu hamil terpapar kelaparan, gen bayi mereka berubah, menghasilkan perubahan kimia yang menekan produksi faktor pertumbuhan. Hal ini mengakibatkan bayi dilahirkan lebih kecil dari biasanya dan dengan kondisi seperti penyakit kardiovaskular.

Alam dan pengasuhan saling bergantung dan saling mempengaruhi secara konstan. Inilah sebabnya mengapa dua orang yang dibesarkan di lingkungan yang sama dapat meresponsnya secara berbeda, yang berarti bahwa asumsi genetika perilaku tentang lingkungan yang sama tidak lagi valid. Juga, apakah orang bisa menjadi lebih bahagia atau tidak tergantung pada “kepekaan lingkungan” mereka – kapasitas mereka untuk berubah.

Beberapa orang rentan terhadap lingkungan mereka sehingga dapat secara signifikan mengubah pikiran, perasaan, dan perilaku mereka sebagai respons terhadap peristiwa negatif dan positif. Jadi, ketika menghadiri lokakarya kesejahteraan atau membaca buku psikologi positif, mereka mungkin terpengaruh olehnya dan mengalami lebih banyak perubahan secara signifikan dibandingkan dengan orang lain – dan perubahan itu juga bisa bertahan lebih lama.

Tetapi tidak ada intervensi psikologi positif yang akan berhasil untuk semua orang karena kita unik seperti DNA kita dan, dengan demikian, memiliki kapasitas yang berbeda untuk kesejahteraan dan fluktuasinya sepanjang hidup.

Apakah kita ditakdirkan untuk tidak bahagia? Beberapa orang mungkin berjuang sedikit lebih keras untuk meningkatkan kebahagiaan mereka daripada yang lain, dan perjuangan itu mungkin berarti bahwa mereka akan terus tidak bahagia untuk waktu yang lebih lama. Dan dalam kasus ekstrim, mereka mungkin tidak pernah mengalami tingkat kebahagiaan yang tinggi.

Namun, orang lain yang memiliki lebih banyak plastisitas genetik, yang berarti mereka lebih sensitif terhadap lingkungan dan karenanya memiliki peningkatan kapasitas untuk berubah, mungkin dapat meningkatkan kesejahteraan mereka dan bahkan mungkin berkembang jika mereka mengadopsi gaya hidup sehat dan memilih untuk hidup dan bekerja. dalam lingkungan yang meningkatkan kebahagiaan dan kemampuan mereka untuk tumbuh.

Tetapi genetika tidak menentukan siapa kita, bahkan jika itu memainkan peran penting dalam kesejahteraan kita. Yang juga penting adalah pilihan yang kita buat tentang di mana kita tinggal, dengan siapa kita hidup dan bagaimana kita menjalani hidup kita, yang memengaruhi kebahagiaan kita dan kebahagiaan generasi berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro