Kunyit bermanfaat bagi kesehatan dan bisa mengobati obat batuk berdahak dan kering/Healthline.com
Health

12 Obat Batuk Kering dan Berdahak yang Ampuh

Annasa Rizki Kamalina
Kamis, 6 Januari 2022 - 17:30
Bagikan

Air garam, Jahe, Slippery elm, Kunyit, dan Minum Cairan

  1. Kumur air garam

Meskipun tampak sederhana, berkumur air garam cukup efektif dalam membantu meredakan tenggorokan gatal yang menyebabkan Anda batuk. Mencampur 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam dengan 8 ons air hangat dapat membantu meredakan iritasi.

  1. Jahe 

Jahe adalah obat tradisional yang populer untuk mengobati mual dan sakit perut, dan meredakan batuk.

Jika Anda sedang batuk, teh jahe adalah pilihan terbaik. Cairan panas dapat mengurangi iritasi, kekeringan, dan lendir di tenggorokan Anda.

Untuk membuat teh jahe, iris 1 inci ruas akar jahe segar. Rebus dalam 1 gelas air selama 10 hingga 15 menit, tergantung seberapa kuat Anda ingin tehnya. Anda juga dapat membeli teh celup jahe di toko atau online.

  1. Getah Pohon Elm/Slippery Elm  

Slippery elm adalah obat kuno untuk batuk dan sakit tenggorokan. Obat ini dipercaya untuk mengurangi peradangan dan menenangkan lapisan tenggorokan Anda.

Slippery elm tersedia sebagai kapsul, tablet, tablet hisap, dan teh. Permen dan teh sangat ideal untuk meredakan iritasi tenggorokan.

  1. Kunyit

Kunyit telah digunakan secara tradisional untuk banyak penyakit selama bertahun-tahun, termasuk batuk. Senyawa aktifnya, kurkumin, memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat.

Disarankan untuk mengkonsumsi kunyit dengan lada hitam. Itu karena piperin, senyawa utama dalam lada hitam, meningkatkan senyawa yang ada di kunyit. Selain itu, juga mendukung penyerapan kunyit oleh tubuh Anda.

Cobalah menyeruput teh kunyit hangat atau golden milk. Tambahkan sedikit lada hitam dan sedikit madu untuk rasa manis.

  1. Hindari pemicu refluks asam

GERD, atau refluks asam, terjadi ketika isi perut Anda mengalir kembali ke tenggorokan Anda. Hal ini dapat menyebabkan iritasi, yang mengakibatkan batuk.

Faktanya, sekitar 40 persen batuk kronis disebabkan oleh refluks asam.

Jika ternyata batuk anda disebabkan oleh GERD, hindari makanan pemicunya dapat membantu. Makanan yang termasuk seperti kafein, alcohol, cokelat, minuman berkarbonasi, dan makanan asam. 

  1. Minum Cairan 

Salah satu cara terbaik untuk meredakan batuk adalah dengan minum banyak cairan. Minum cairan dapat membantu meredakan kekeringan di tenggorokan Anda, penyebab umum batuk. Minum juga membantu mengencerkan lendir, meredakan batuk, dan hidung tersumbat.

Cairan panas seperti kaldu atau teh sangat ideal untuk batuk. Jika Anda lebih suka minuman dingin, pilihlah minuman non-karbonasi seperti air atau teh tanpa pemanis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro