Ilustrasi perempuan dengan kulit wajah yang berjerawat/Freepik
Health

Hati-hati, 4 Kebiasaan Ini Bisa Timbulkan Jerawat di Wajah

Feni Freycinetia Fitriani
Minggu, 9 Januari 2022 - 09:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda pernah bangun pagi dengan jerawat yang matang dan terasa perih ketika dipegang? Ternyata ini kebiasaan buruk yang bisa menimbulkan jerawat di wajah.

Selain terasa sakit, Anda tidak bisa tidak menyembunyikan jerawat matang bahkan dengan alas bedak atau high coverage foundation.

Jika Anda merasa bingung kenapa bisa muncul jerawat matang saat pagi hari, ada kemungkinan Anda melakukan kebiasaan buruk yang tanpa sadar merusak kulit wajah.

Ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan jerawat. Untuk menghilangkan jerawat, pastikan Anda menghindari kebiasaan buruk tersebut.

Berikut 4 kebiasaan buruk yang tidak Anda sadari justru bisa menimbulkan jerawat di wajah seperti dikutip PinkVilla, Minggu (9/1/2022).

1. Pengelupasan berlebihan (Over Exfoliation)

Sebagian besar dari kita terobsesi dengan proses pengelupasan kulit. Perlu diingat, pengelupan yang dilakukan berlebihan justru bisa merusak kulit bahkan menimbulkan jerawat.

Jika Anda melakukan eksfoliasi kulit secara berlebihan, penting untuk menghentikan kebiasaan ini. Lakukan eksfoliasi maksimal 2-3 hari dalam seminggu.

2. Tidak cukup membersihkan kulit

Sama seperti pengelupasan kulit yang berlebihan, tidak melakukan eksfoliasi juga sama buruknya. Jika Anda memiliki kulit berminyak atau kombinasi, penting bagi Anda untuk menjaga kulit tetap bersih dan bebas minyak.

Pasalnya, penumpukan minyak berlebih dan kotoran dapat menyumbat pori-pori Anda dan dapat menyebabkan jerawat. Jadi, pastikan untuk mencuci atau melakukan eksfoliasi wajah sesuai kebutuhan. Lakukan secara rutin, tapi tak berlebihan.

3. Menggosok kulit terlalu keras

perlu diingat, kulit wajah sangat halus dan sensitif sehingga harus ditangani dengan hati-hati. Menggosoknya dengan keras dapat merusaknya dan dapat menyebabkan jerawat.

Jadi, sebelum Anda menggaruk dan menggosok wajah Anda dengan paksa, persiapkan diri Anda untuk menghadapi sejumlah besar jerawat keesokan hari.

4. Tidur tanpa membersihkan riasan

Hampir semua dari kita bersalah melakukan ini, setidaknya, sekali dalam hidup kita. Baik itu pulang dari pesta larut malam atau pulang setelah seharian bekerja, terkadang kita terlalu lelah untuk menghapus riasan (make-up) di wajah sebelum tidur.

Tahukah Anda, itu merupakan hal terburuk untuk dilakukan. Produk riasan mengandung beberapa bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit kita jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama. Jadi, buatlah aturan praktis untuk mencuci bersih dan melembabkan wajah Anda dengan segala cara sebelum tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro