Penyalin Cahaya
Entertainment

Salah Satu Tim Jadi Pelaku Kekerasan Seksual, Ini Sikap Produser Penyalin Cahaya

Aliftya Amarilisya
Senin, 10 Januari 2022 - 15:22
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Tim produksi film Penyalin Cahaya memutuskan untuk menghapus nama seorang kru dari kredit film lantaran diduga sebagai pelaku pelecehan seksual.

Adapun dugaan pelecehan seksual yang terjadi itu sendiri diterima oleh produser dan sutradara dari salah satu komunitas yang mengelola pelaporan kasus pelecehan seksual.

Dari keterangan yang ada, didapati bahwa kekerasan seksual tersebut dilakukan oleh pelaku di masa lampau.

"Sebagai tanggung jawab etik atas komitmen kami dan untuk menghormati pelaporan dan proses yang akan terjadi setelahnya, kami memutuskan untuk menghapus nama terlapor dari kredit film Penyalin Cahaya dan di materi-materi publikasi film," tulis pihak Rekata Studio dan Kaninga Pictures pada Senin (10/1/2022).

Tak hanya sampai di situ, Rekata Studio turut menegaskan bahwa pihak yang dimaksud pun telah dikeluarkan rumah produksi yang menaunginya.

"Pihak terlapor tersebut tidak lagi menjadi bagian dari film Penyalin Cahaya dan Rekata Studio," tulis mereka.

Diketahui, sikap tersebut diambil oleh Rekata Studio dan Kaninga Pictures sebagai bentuk komitmen memberikan ruang aman yang bebas dari pelecehan seksual dan keberpihakan pada penyintas.

"Kami Rekata Studio & Kaninga Pictures berkomitmen untuk memberikan ruang aman yang bebas dari pelecehan seksual dan kami akan selalu berpihak pada penyintas. Menjaga lingkungan produksi film yang bebas dari pelecehan seksual adalah juga merupakan misi utama kami. Proses syuting film Penyalin Cahaya yang berjalan dengan aman selama 20 hari di Januari 2021 adalah bukti komitmen kami," tulis Rekata Studio dan Kaninga Pictures.

Lebih jauh, Rekata Studio dan Kaninga Pictures pun berharap agar, "Proses-proses yang terjadi setelah pelaporan ini, berjalan dengan mengakomodir kepentingan penyintas dan dapat terselesaikan sesuai jalur yang tepat."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro