Ilustrasi Omicron./Antara
Health

Omicron Kebal Vaksin Covid? Ini Penjelasan Pakar

Aprianus Doni Tolok
Minggu, 16 Januari 2022 - 11:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dokter spesialis penyakit dalam RSCM Ceva Wicaksono menyampaikan bahwa varian Omicron masih relatif tidak bisa dinetralisir oleh vaksin tunggal baik mRna dan yang lainnya.

"Ini yang bisa menjelaskan kenapa orang tetap bisa terinfeksi Covid-19 meskipun sudah divaksinasi," katanya dalam acara webinar virtual bertajuk 'Indonesian Congress Symposium on Combating COVID-19 Pandemic without Boundaries', Minggu (16/1/2022).

Meskipun demikian, VoC atau variant of concern yakni Omicron bisa menurunkan efektivitas netralisasi antibodi dari vaksin Covid-19 hingga 5 kali atau vaksin hanya 78 persen efektif.

"Vaksinasi masih bisa bekerja 78 persen dan 90 persen mengurangi risiko kematian atau masuk rumah sakit" katanya.

Adapun, berdasarkan hasil penelitian terkini varian Omicron mengalami 30 perubahan atau mutasi yang menyebabkan menurunkan efektivitas obat dan vaksin.

Meski demikian, Cevo menegaskan bahwa efektivitas vaksinasi primer dan booster tetap mampu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap Omicron.

"Kita tidak boleh berputus asa bahwa seakan-akan tidak berguna sama sekali karena vaksinasi dosis 1,2, dan lanjutan tetap bisa meningkatkan kekebalan tubuh," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro