Ilustrasi serangan jantung
Health

7 Cara Kurangi Risiko Penyakit Jantung Koroner di Usia Muda dan Tua

Ni Luh Anggela
Senin, 17 Januari 2022 - 19:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyakit kardiovaskuler setiap tahunnya terus meningkat dan menempati peringkat tertinggi penyebab kematian di Indonesia, terutama pada usia-usia produktif. Melihat kenyataan ini, menjaga agar jantung Anda tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik adalah satu-satunya cara yang dapat Anda lakukan.

Jika Anda menginginkan jantung yang sehat dan terhindar dari risiko penyakit kardiovaskuler, berikut delapan cara yang bisa Anda lakukan, melansir Express, Senin (17/1/2022).

1. Menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjaga pola makan Anda tetap sehat dan seimbang. Ini akan membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Jika Anda bertanya-tanya diet apa yang baik untuk dilakukan, Anda bisa mencoba diet rendah lemak dan tinggi serat. Tidak hanya itu, Anda dianjurkan untuk membatasi asupan garam Anda, yakni tidak lebih dari enam gram sehari.

2. Tetap aktif bergerak

Selain makan makanan yang sehat dan seimbang, rutin berolahraga dan tetap aktif secara fisik dapat menolong Anda dari risiko jantung koroner. Dengan aktif secara fisik, ini akan mengurangi berat badan Anda, yang pada akhirnya mengurangi tekanan pada tubuh Anda.

Tidak hanya itu, tetap aktif bergerak juga membantu memperkuat jantung Anda, membangun otot dan meningkatkan kesejahteraan mental. Akan tetapi perlu diingat, meskipun menurunkan berat badan itu penting, terlalu kurus juga dapat menimbulkan penyakit.

3. Berhenti merokok

Anda perokok aktif? Jika iya, ada baiknya untuk mencoba mengurangi kebiasaan buruk ini. Meskipun proses ini sangat sulit bagi sebagian orang, Anda bisa menemukan lembaga atau komunitas yang bisa membantu Anda melewati proses tersebut.

4. Kurangi konsumsi alkohol

Faktanya, mengurangi konsumsi alkohol dapat mengurangi risiko serangan jantung. Ini karena minum alkohol berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah dan trigliserida yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Namun, bila Anda masih ingin meminumnya, batasi konsumsi alkohol dengan tidak minum lebih dari satu gelas untuk wanita dan tidak lebih dari dua gelas untuk pria.

5. Perhatikan tekanan darah Anda

Tekanan darah memiliki peran besar dalam seberapa besar kemungkinan seseorang menderita serangan jantung. Oleh karena itu, selalu sempatkan diri untuk mengecek tekanan darah Anda secara rutin. Dan perlu diingat, itu harus di bawah 140/90 mmHg.

6. Penderita diabetes wajib waspada

Jika Anda menderita diabetes, sebaiknya Anda perlu berhati-hati. Pasalnya kondisi ini meningkatkan risiko terkena penyakit jantung koroner dan serangan jantung. Selain itu, pastikan agar tekanan darah Anda di bawah 130/80 mmHg.

7. Rutin mengonsumsi obat

Pasien yang didiagnosis dengan penyakit jantung koroner harus minum obat apapun yang diresepkan oleh dokter mereka. Dengan rutin mengonsumsi obat-obatan yang sudah diresepkan, ini akan meringankan gejala dan mengurangi kemungkinan Anda menderita serangan jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro