NASA akan mengutus dua astronot untuk meluncurkan Nasa SpaceX./NASAn
Health

Wah, Perjalanan ke Luar Angkasa Picu Anemia. Ini Penjelasannya

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 18 Januari 2022 - 10:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para ilmuwan telah menemukan bahwa perjalanan ke ruang angkasa membuat astronot anemia ketika mereka kembali ke Bumi, sekaligus mendapatkan jawaban alasannya.

Peneliti Kanada mengatakan 50% lebih banyak sel darah merah dihancurkan di luar angkasa dan ini terus berlanjut selama misi berlangsung.

"Anemia luar angkasa" adalah sesuatu yang telah diketahui para ilmuwan sejak misi pertama kembali ke Bumi, tetapi mengapa hal itu terjadi masih menjadi misteri.

Sekarang sebuah studi kecil Universitas Ottawa terhadap 14 astronot termasuk Tim Peake dari Inggris pada masa tinggal enam bulan di Stasiun Luar Angkasa Internasional, telah menemukan alasannya.

Menggunakan sampel darah dan napas yang diambil selama misi mereka, para peneliti dapat mengukur kehilangan sel darah merah. Sel-sel ini membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh dan merupakan kunci kehidupan.

"Studi kami menunjukkan bahwa setelah tiba di luar angkasa, lebih banyak sel darah merah yang dihancurkan, dan ini berlanjut selama misi astronot," kata Dr Guy Trudel, peneliti utama dan dokter rumah sakit.

Saat berada di luar angkasa, karena tidak memiliki bobot, hal ini tidak menjadi masalah tetapi saat kembali ke Bumi, ini berarti astronot telah mengurangi massa tulang dan kekuatan otot, dan merasa sangat lelah.

Tiga juta sel darah merah dihancurkan per detik di luar angkasa, dibandingkan dengan dua juta di terra firma. Untungnya, tubuh bisa mengimbanginya. Jika tidak, astronot akan menjadi sangat sakit di luar angkasa.

Tetapi para peneliti tidak yakin berapa lama tubuh dapat terus-menerus memperbaiki dirinya sendiri, terutama jika berada di luar angkasa untuk misi yang panjang.

Bahkan ketika astronot dalam penelitian ini kembali hidup dengan gravitasi, tidak ada perbaikan cepat, dan setahun kemudian mereka masih ditemukan kehilangan sel darah merah pada tingkat yang lebih tinggi.

Astronot pria dan wanita sama-sama terpengaruh.

“Jika kita dapat mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan anemia ini, maka ada potensi untuk mengobati atau mencegahnya, baik untuk astronot maupun pasien di Bumi ini,” kata Dr. Trudel.

Dia melihat anemia yang disebabkan oleh perjalanan ruang angkasa "mirip" dengan yang dialami oleh pasien yang telah menghabiskan berbulan-bulan tidak aktif dalam perawatan intensif dengan penyakit seperti Covid.

Anemia juga mencegah mereka berolahraga dan memulihkan diri, dan timnya akan meneliti bagaimana mekanisme ini bekerja dalam penelitian selanjutnya.

Temuan studi Marrow, yang diterbitkan di Nature Medicine, mungkin berarti orang yang mengambil bagian dalam misi luar angkasa ke planet yang jauh perlu menyesuaikan pola makan mereka untuk menghasilkan lebih banyak zat besi, serta makan lebih banyak kalori untuk energi.

Skrining astronot dan wisatawan luar angkasa untuk darah atau kondisi kesehatan yang terkena anemia sebelum penerbangan luar angkasa mungkin juga diperlukan, kata para peneliti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro