Ilustrasi petugas mengambil vaksin dosis ketiga atau vaksin booster/Kemenkes RI
Health

Penting! Ini Daftar Vaksin Booster Heterolog yang Aman Untuk Masyarakat

Alifian Asmaaysi
Selasa, 18 Januari 2022 - 11:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Untuk menekan gelombang tiga Covid 19 dari varian Omicron, pemerintah mulai memberikan vaksin booster Covid-19 kepada masyarakat secara gratis.

Kementerian Kesehatan merilis informasi mengenai vaksin booster heterolog di laman Instagram @kemenkes_ri. Vaksin booster heterolog sendiri merupakan vaksin booster yang disuntikan dengan menggunakan jenis vaksin berbeda dari vaksinasi dosis pertama dan kedua.

Kemenkes menambah 1 kombinasi vaksinasi booster Covid-19. Adapun yang terbaru, penerima vaksin primer AstraZeneca bisa mendapatkan setengah dosis vaksin pfizer.

Jenis vaksin booster heterolog Covid-19 yang tersedia ialah, dua dosis Astrazaneca dengan setengah dosis Moderna, dua dosis Astrazaneca dengan setengah dosis Pfizer, dua dosis Sinovac dengan  setengah dosis Moderna, dan dua dosis Sinovac dengan setengah dosis Pfizer.

Penambahan regimen booster ini berdasarkan hasil kajian dan rekomendasi ITAGI serta telah mendapatkan persetujuan dari Badan POM. 

Penting! Ini Daftar Vaksin Booster Heterolog yang Aman Untuk Masyarakat

Wakil Direktur Pendidikan dan Penelitian Sekaligus Jubir Satgas Covid-19 RS UNS Solo, Dr. Tonang Dwi Ardyanto mengatakan “ Penyuntikan vaksin dosis tahap tiga (boster), jangan tergesa-gesa. Ikuti urutan dan tahapan dari pemerintah. Sebaiknya tidak mencar-cari cara sendiri” 

Dari hasil riset, pemberian kombinasi vaksinasi booster tersebut aman dan terbukti efektif meningkatkan kekebalan tubuh setelah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap. Berdasarkan hasil riset dan persetujuan penggunaan vaksinasi booster, Kemenkes selanjutnya menerbitkan Surat Edaran Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor: HK.02.02/II/252/2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Lanjutan (Booster).

Terbitnya SE ini untuk mendorong Dinkes Provinsi dan Kabupaten/Kota segera melaksanakan vaksinasi booster sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Percepatan ini sebagai bagian dari langkah antisipasi menghadapi gelombang kenaikan Omicron di Tanah Air.

Kemenkes juga mengimbau bagi masyarakat yang masuk sebagai sasaran prioritas penerima vaksinasi booster untuk segera mengecek tiket dan jadwal vaksinasi di aplikasi Pedulilindungi. Jadi, jika Anda telah mendapat tiket dan jadwal penyuntikan booster, Yuk segera datang ke fasyankes atau pos pelayanan vaksinasi booster terdekat ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro