Seseorang sedang memainkan gadget karena insomnia. Kurang tidur bisa menyebabkan gangguan kesehatan/Freepik.com
Health

11 Efek Kurang Tidur, Bisa Lemahkan Sistem Imun Hingga Gangguan Jantung 

Annasa Rizki Kamalina
Selasa, 18 Januari 2022 - 14:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pernahkah Anda sepanjang malam berguling-guling karena susah tidur atau sengaja terjaga? Dapat dipastikan kondisi anda besoknya akan kurang fit dan terasa sangat lelah. 

Selain itu, jika Anda sering merasa pusing dan menjadi pemarah, bisa jadi itu karena kurang tidur dari yang disarankan, yaitu 7-9 jam. 

Tidak main-main, hanya karena akibat kurang tidur saja efeknya dapat jangka panjang. Selain membahayakan kesehatan secara fisik, mental Anda juga dapat terganggu. Mendapat sedikit jam tidur akan mengakibatkan sistem kekebalan tubuh melemah dan mudah terserang bakteri dan virus. 

Jika Anda kurang tidur atau berniat begadang, pikirkan kembali 11 efek yang akan terjadi berikut ini, menurut Healthline.

  1. Masalah Memori 

Selama tidur, otak membentuk suatu koneksi yang akan membantu Anda memproses dan mengingat informasi baru. Kurang tidur memberikan dampak negatif pada kemampuan jangka pendek dan panjang memori Anda. 

  1. Susah berpikir dan konsentrasi 

Hal penting untuk kegiatan sehari-hari, Anda harus fokus dan konsentrasi dengan pekerjaan. Kurang tidur akan melemahkan konsentrasi, kreatifitas, dan kemampuan memecahkan masalah. 

  1. Perubahan mood 

Kekurangan jam tidur dapat membuat perubahan emosi yang tak terduga, emosional, dan cepat marah. Kondisi ini akan memperburuk suasana sekitar Anda. Masalah tidur yang serius dapat membuat Anda menjadi depresi dan gangguan kecemasan. 

  1. Kecelakaan 

Kecelakaan akibat mengantuk atau kurang tidur sangat sering terjadi. Padahal Anda hanya perlu beristirahat sebentar jika sangat mengantuk untuk kembali menyetir kendaraan. Jangan diabaikan, mengantuk saat menyetir sangat membahayakan diri Anda dan orang sekitar. 

  1. Melemahnya sistem imun

Tidur yang tidak cukup dapat membuat sistem imun tidak kuat melawan virus seperti batuk dan pilek. Anda akan mudah terkena penyakit ini jika kurang tidur. Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup untuk mempertahankan sistem imun dalam melawan virus terutama Covid-19. 

  1. Tekanan darah tinggi 

Tekanan darah tinggi dapat muncul bukan hanya akibat makanan, tapi kebiasaan. Tidur kurang dari 5 jam di malam hari  dapat meningkatkan tekanan darah tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro