Ilustrasi perempuan mengalami obesitas/Freepik.com
Health

Ahli Gizi Berikan 4 Tips Cegah Obesitas

Ni Luh Anggela
Selasa, 18 Januari 2022 - 16:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Obesitas atau berat badan berlebih telah dianggap sebagai salah satu penyebab penyakit kronis lainnya seperti penyakit kardiovaskular hingga diabetes. Adapun salah satu tanda Anda mengalami obesitas adalah Indeks Massa Tubuh sama dengan atau di atas 30.

Untuk menghindari kondisi tersebut, Guru Besar Ilmu Gizi FEMA IPB University Profesor Hardinsyah membagikan beberapa tips berikut yang bisa Anda lakukan.

1. Pahami penyebab obesitas

Tips paling utama dengan memahami penyebabnya. Menurutnya, penyebab obesitas tidak terbatas pada kurangnya aktivitas fisik dan soal makanan. Ada penyebab lain yang memicu obesitas seperti stress yang kemudian meningkatkan infalamasi dan timbunan lemak, hingga kurang atau kelebihan tidur yang dapat meningkatkan hormon ghrelin yang juga dikenal sebagai hormon lapar.

Selain itu, katanya, yang paling penting adalah dengan mencegah stunting sejak kehamilan. Dengan mencegah stunting sejak kehamilan, maka kegemukan juga bisa dicegah.

“Karena anak-anak yang dilahirkan stunting, begitu ekonominya membaik, akses pangan lebih mudah, dia gampang gendut. Jadi lebih berisiko anak-anak stunting untuk gendut dibandingkan anak-anak yang normal,” ungkap Profesor Hardinsyah dalam temu media Peringatan Hari Gizi Nasional yang diadakan secara virtual pada Selasa (18/1/2022).

2. Mulailah dengan mengelola faktor penyebab utama

“Mulailah dengan mengelola faktor penyebab utama setelah kita introspeksi. Kalau engga tahu, konsultasi ya,” sarannya.

Caranya? Atur waktu tidur, minum air dua gelas sebelum makan, melakukan berbagai aktivitas yang direncanakan misalnya olahraga beban kemudian kardio, mengelola stress dengan mendekatkan diri kepada Tuhan YME, menghindari polusi hingga berpuasa.

3. Pantau berat badan dan lingkar pinggang

Anda sudah terbiasa berolahraga? Jangan terpaku pada berat badan Anda saja. Sebab, bisa jadi Indeks Massa Tubuh di atas 25 karena banyaknya otot.

“Yang dipantau adalah lingkar pinggangnya. Jadi, kalau perempuan di bawah 80 cm, laki-laki di bawah 90 cm itu aman. Lemak paling berbahaya itu lemak di tengah, bukan lemak di bahu atau kaki,” katanya.

4. Bersama kita bisa

Sebetulnya, tidak sulit untuk mencegah obesitas bila dilakukan secara bersama-sama. Ini karena terkadang, melakukan hal ini sendirian seringkali menimbulkan rasa malas. Oleh karena itu, Profesor Hardinsyah menyarankan untuk mencari kawan atau bergabung dengan komunitas-komunitas seperti komunitas aerobik, yoga dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro