Tenaga kesehatan menyuntikkan cairan vaksin dosis ketiga kepada warga lansia saat vaksinasi booster Covid-19 di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta, Rabu (12/1/2021). Bisnis/Arief Hermawan P
Health

Peneliti Ungkap Efek Samping Vaksinasi Covid Bukan Semata Disebabkan oleh Vaksin, Tapi..

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 19 Januari 2022 - 07:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Peneliti AS menunjukkan versi negatif dari efek plasebo di balik efek samping vaksinasi seperti sakit kepala dan kelelahan.

Lebih dari dua pertiga efek samping umum yang dialami orang setelah vaksin Covid-19 dapat dikaitkan dengan versi negatif dari efek plasebo daripada vaksin itu sendiri, klaim para peneliti.

Para ilmuwan di AS memeriksa data dari 12 uji klinis vaksin Covid dan menemukan bahwa "efek nocebo" menyumbang sekitar 76% dari semua reaksi yang umum terjadi setelah dosis pertama dan hampir 52% setelah dosis kedua.

Temuan menunjukkan bahwa sebagian besar efek samping yang lebih ringan, seperti sakit kepala, kelelahan jangka pendek, dan nyeri lengan tidak dihasilkan oleh konstituen vaksin, tetapi oleh faktor lain yang dianggap menghasilkan respons nocebo, termasuk kecemasan, harapan. dan salah mengartikan berbagai penyakit sebagai akibat dari tusukan itu.

Mengingat hasil mereka, para peneliti berpendapat bahwa informasi publik yang lebih baik tentang tanggapan nocebo dapat meningkatkan penyerapan vaksin Covid dengan mengurangi kekhawatiran yang membuat beberapa orang ragu-ragu.

"Memberitahu pasien bahwa intervensi yang mereka ambil memiliki efek samping yang mirip dengan perawatan plasebo untuk kondisi dalam uji coba terkontrol secara acak sebenarnya mengurangi kecemasan dan membuat pasien meluangkan waktu untuk mempertimbangkan efek sampingnya," kata Ted Kaptchuk, seorang profesor kesehatan dan kedokteran sosial di sekolah kedokteran Harvard, dan penulis senior dalam penelitian ini seperti dilansir dari Guardian.

Tapi dia mengatakan perlu penelitian lebih lanjut terkait hal tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro