Ilustrasi pria menerima suntikan vaksin booster atau vaksin dosis ketiga/Freepik
Health

Efek Samping Vaksin Booster: Pfizer, Moderna, AstraZeneca

Annasa Rizki Kamalina
Jumat, 21 Januari 2022 - 17:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pemberian vaksin dosis ketiga atau booster bertujuan untuk memperkuat imun dalam melawan virus Covid-19 varian Omicron. Namun, apakah efek samping vaksin booster sama dengan suntikan vaksin awal (dosis 1 dan2)?

Saat ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah menyetujui beberapa jenis vaksin untuk digunakan sebagai booster. Untuk tahap awal, pemerintah memberikan vaksin Pfizer, Moderna, dan AstraZeneca sebagai vaksin dosis ketiga.

Peruntukkan booster kepada orang dewasa usia 18 tahun ke atas setidaknya enam bulan setelah mereka menerima suntikan dosis kedua. 

Dr. Samir Sinha, direktur geriatri di rumah sakit Sinai Health and University Health Network di Toronto mengatakan bahwa efek samping umum yang terjadi pada vaksin dan suntikan booster tidak berbeda dengan vaksin sebelumnya. 

“Efek samping sering memberi tahu kita bahwa sistem kekebalan kita benar-benar bekerja dan merespons sebagaimana mestinya terhadap vaksin,” jelasnya dalam Global News seperti dikutip, Jumat (21/1/2022). 

Bukan itu saja, keamanan booster pun sama dengan vaksin dosis sebelumnya. Beberapa orang mungkin mengalami reaksi yang lebih intens terhadap suntikan dengan rasa sakit kepala, tubuh menggigil dan kelelahan, yang lain hanya merasakan nyeri di lengan yang disuntik.

“Efek merugikan dari dosis tiga seharusnya tidak jauh berbeda dibandingkan dengan dosis dua atau suntikan sebelumnya,” kata Dr. Ciriaco Piccirillo, seorang ahli imunologi dan ilmuwan senior di Institut Penelitian Pusat Kesehatan Universitas McGill (MUHC).

Simak efek samping vaksin booster Pfizer, Moderna, dan AstraZeneca

1. Efek samping vaksin booster Pfizer

Sebuah survei yang dilakukan di Israel menunjukkan bahwa kebanyakan orang yang menerima dosis ketiga vaksin Pfizer Covid-19 merasakan efek samping yang serupa atau lebih sedikit daripada yang mereka rasakan setelah menerima suntikan kedua.

Berdasarkan uji klinis, penerima booster Pfizer akan merasakan:

1. Sakit di tempat suntikan
2. Kelelahan
3. Sakit kepala
4. Nyeri otot atau sendi
5. Meriang

Efek sampingnya sebagian besar ringan sampai sedang, berlangsung kira-kira dua hari setelah menerima suntikan booster.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro