Tanaman ganja atau mariyuana/Bloomberg-Chris Roussakis
Health

Studi: Ganja dapat Menyebabkan Gangguan Kognitif yang Persisten

Ni Luh Anggela
Jumat, 21 Januari 2022 - 18:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa penggunaan ganja dapat menyebabkan gangguan kognitif akut yang dapat berlanjut setelah periode keracunan.

Meta-review yang dipimpin oleh Kanada ini menggabungkan temuan dari 10 meta-analisis yang mewakili lebih dari 43.000 peserta.

Studi yang diterbitkan di jurnal ilmiah Addiction ini menemukan bahwa keracunan ganja menyebabkan gangguan kognitif kecil hingga sedang di berbagai bidang, termasuk:

· Membuat keputusan

· Membaca dan mendengarkan

· Kemampuan untuk mengingat apa yang dibaca atau didengar, serta

· Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas

“Studi kami memungkinkan kami untuk menyoroti beberapa area kognisi yang terganggu oleh penggunaan ganja, termasuk masalah konsentrasi dan kesulitan mengingat dan belajar, yang mungkin berdampak besar pada kehidupan sehari-hari pengguna,” kata penulis studi Alexandre Dumais Associate Clinical Profesor Psikiatri di Universite de Montreal, melansir Neuroscience News, Jumat (21/1/2022).

Lebih lanjut dia menuturkan, penggunaan ganja di usia muda dapat berakibat pada menurunnya pencapaian pendidikan, sedangkan pada orang dewasa, kinerja kerja menjadi memburuk dan dapat membahayakan nyawa bila mereka sedang berkendara.

“Konsekuensi ini mungkin lebih buruk pada pengguna regular dan berat,” ungkap Dumais.

Ganja merupakan salah satu zat psikoaktif yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Hingga saat ini, beberapa negara termasuk Indonesia sedang mempertimbangkan penggunaan ganja sebagai pengobatan, dengan melakukan penelitian dan uji klinis.

Hal ini dilakukan untuk memahami risiko kognitif yang terjadi saat seseorang menggunakan ganja, terutama pada orang muda yang otaknya sedang dalam fase perkembangan yang signifikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro