Ilustrasi perawat memeriksa gula darah pada anak yang memiliki penyakit diabetes/Freepik
Health

Diabetes Tipe 1 pada Anak-anak: Gejala, Penyebab, Faktor Risiko

Lukman Nur Hakim
Selasa, 25 Januari 2022 - 18:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Baru-baru ini, aktor cilik indonesia bernama Mattew White meninggal dunia karena penyakit diabetes yang dideritanya. Simak gejala, penyebab, dan faktor risiko diabetes pada anak. 

Diabetes merupakan sebuah penyakit yang terjadi akibat banyaknya gula (glukosa) di dalam darah. Penyakit ini sangatlah berbahaya jika tidak ditanggulangi dengan cepat dan tidak dibarengi dengan menjalani kehidupan yang sehat.

Penyakit diabetes bukan hanya menjangkit orang orang yang sudah rentan saja, namun juga menjangkit semua umur jika kandungan gula di darah dan tubuh mereka terlalu banyak.

Lalu, diabetes tipe apakah yang bisa menjangkit anak anak?

Dilansir dari Mayoclinic pada Selasa (25/1/22), diabetes tipe 1 merupakan tipe diabetes yang biasanya menjangkit usia anak anak.

Diabetes tipe 1 pada anak adalah kondisi di mana tubuh anak tidak lagi memproduksi hormon penting (insulin). Anak Anda membutuhkan insulin untuk bertahan hidup, sehingga insulin yang hilang perlu diganti dengan suntikan atau dengan pompa insulin. Lebih lanjut, diabetes tipe 1 pada anak-anak dulu dikenal sebagai diabetes juvenil atau diabetes yang bergantung pada insulin.

Diagnosis diabetes tipe 1 pada anak-anak bisa sangat banyak, terutama di awal. Tiba-tiba Anda dan anak Anda harus belajar cara memberikan suntikan, menghitung karbohidrat, dan memantau gula darah.

Gejala

Tanda dan gejala diabetes tipe 1 pada anak-anak biasanya berkembang dengan cepat, dan mungkin termasuk:
• Rasa haus yang meningkat
• Sering buang air kecil, mungkin mengompol pada anak yang dilatih toilet
• Kelaparan yang ekstrim
• Penurunan berat badan yang tidak disengaja
• Kelelahan
• Iritabilitas atau perubahan perilaku
• Nafas berbau buah.

Penyebab

Penyebab pasti diabetes tipe 1 tidak diketahui. Namun, pada kebanyakan orang dengan diabetes tipe 1, sistem kekebalan tubuh - yang biasanya melawan bakteri dan virus berbahaya - secara keliru menghancurkan sel-sel penghasil insulin (pulau kecil) di pankreas. Genetika dan faktor lingkungan tampaknya berperan dalam proses ini.

Tanpa insulin yang cukup, gula menumpuk di aliran darah anak Anda, yang dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa jika tidak ditangani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro