Ilustrasi/Futuretimeline.net
Health

10 Jenis Olahraga yang Sehat untuk Lansia

Nabila Dina Ayufajari
Jumat, 28 Januari 2022 - 19:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seiring bertambahnya usia, banyak orang mulai lebih sadar akan risiko cedera ketika melakukan kegiatan olahraga, terutama saat tubuh dan tingkat kebugaran berubah.

Jadi, apa jenis olahraga yang terbaik untuk lansia? Ada berbagai pilihan yang tersedia, tetapi pada akhirnya itu tergantung pada individu dan tujuan pribadi Anda sendiri.

Melansir dari Irt.org.au pada Jumat (28/1), Departemen Kesehatan Federal (The Federal Department of Health) merekomendasikan kombinasi empat kegiatan utama untuk membantu para lansia tetap sehat:

  1. Aktivitas sedang – untuk jantung, paru-paru, dan pembuluh darah Anda
  2. Aktivitas kekuatan – untuk membantu menjaga kekuatan tulang
  3. Aktivitas fleksibilitas – untuk membantu Anda bergerak lebih mudah
  4. Aktivitas menyeimbangkan – untuk meningkatkan keseimbangan dan membantu mencegah jatuh.

Namun, alangkah baiknya semua ini tetap dikonsultasikan dengan dokter Anda sebelum memulai cara olahraga baru guna memastikan keamanan bagi Anda ketika melakukannya.

Berikut 10 olahraga yang mungkin Anda sukai:

  1. Berjalan

Berjalan-jalan adalah olahraga yang bagus untuk membantu membangun kesehatan tulang dan juga baik untuk jantung Anda. Anda bisa melakukannya untuk 30 menit sehari dan setidaknya empat hari per minggu. Jika Anda khawatir akan melukai diri sendiri di jalur jalan yang tidak rata atau rusak, maka treadmill adalah alternatif yang bagus.

  1. Berenang

Berolahraga di air akan mengurangi dampak pada persendian Anda. Oleh karena itu, berenang menjadikan pilihan populer bagi orang yang menderita radang sendi. Selain itu, berenang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan kekuatan otot serta memperkuat ligamen dan urat Anda. Jika Anda ingin meningkatkan intensitas, maka Anda bisa memakai sirip atau menggunakan pemberat kaki saat berenang karena akan menambah daya tahan dan membuat otot bekerja lebih keras.

  1. Tai Chi

Tai Chi adalah aktivitas berisiko rendah dan melibatkan gerakan lembut. Tidak diperlukan peralatan mewah, jadi mudah untuk memulai. Saat melakukan Tai Chi, otot-otot Anda biasanya rileks daripada tegang, lalu persendian tidak sepenuhnya terentang atau tertekuk, dan jaringan ikat tidak meregang. Ini berarti Anda meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot Anda tanpa terlalu membebani tubuh Anda. Selain itu, Tai Chi juga dapat membantu meningkatkan keseimbangan Anda yang mengurangi risiko jatuh.

  1. Yoga

Yoga tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik Anda, tetapi juga membantu mengurangi stres karena sifat meditasi yang menenangkan dari berbagai gerakan dan peregangan. Ini adalah latihan berisiko rendah yang dapat meningkatkan keseimbangan, kekuatan, aliran pernapasan, dan fleksibilitas otot, terutama jika dilakukannya beberapa kali seminggu.

  1. Berdansa

Menari adalah salah satu cara yang paling menyenangkan untuk mendapatkan latihan seluruh tubuh. Ini dapat meningkatkan tingkat energi, mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan memori dan suasana hati, dan meningkatkan keseimbangan Anda. Jika Anda memiliki keseimbangan dan kemampuan yang terbatas, Anda dapat mencoba tarian kursi yang merupakan latihan duduk atau tarian garis yang mengurangi dampak dan tekanan pada persendian Anda.

  1. Tenis

Peningkatan koordinasi tangan-mata, kekuatan tulang, dan keseimbangan adalah beberapa di antara banyak manfaat bermain tenis. Berlari ke arah yang berbeda, memindahkan berat badan dari satu kaki ke kaki lainnya dan mengayunkan raket dengan tangan akan memberikan latihan yang bagus untuk seluruh tubuh. Tenis biasanya lebih cepat daripada olahraga lain, jadi penting untuk berhati-hati ketika bermain.

  1. Golf

Golf adalah latihan yang bagus untuk menggerakkan persendian Anda karena gerakan yang terlibat saat mengayunkan stik dalam berbagai gerakan. Bermain golf juga membuat sirkulasi darah Anda berjalan yang mendorong jantung Anda untuk bekerja lebih efisien dan membantu membangun otot-ototnya. Selain itu, dalam aspek sosial dan konsentrasi yang terlibat dalam permainan juga membantu meningkatkan fokus dan kesejahteraan mental Anda secara keseluruhan.

  1. Lawn Bowls

Bermain lawn bowl akan meningkatkan keseimbangan dan koordinasi. Selain itu, permainan ini merupakan latihan yang baik karena berat mangkuk dan jumlah berjalan yang terlibat. Ini juga merupakan olahraga sosial yang hebat sehingga mendorong pengembangan keterampilan, meningkatkan kesejahteraan mental, dan persaingan yang bersahabat. Ada juga banyak alat bantu yang tersedia untuk membantu Anda mengambil mangkuk jika membungkuk dan mengangkat terlalu banyak membebani punggung atau lutut Anda.

  1. Lawn Croquet

Untuk aktivitas olahraga yang jauh lebih ringan, lawn croquet adalah alasan yang tepat untuk keluar dan berolahraga dengan kecepatan Anda sendiri. Ini mungkin bukan latihan paling intens yang pernah Anda lakukan, tetapi seperti halnya catur dan gim, permainan ini sangat merangsang mental dan melibatkan banyak pemikiran untuk memecahkan teka-teki. Lawn croquet juga cara yang bagus untuk bertemu orang-orang dan mengembangkan persahabatan baru.

  1. Sepak Bola Jalan Kaki (Walking Soccer)

Sepak bola jalan kaki adalah cara yang bagus untuk bergabung dalam olahraga tim yang Anda sukai sambil meminimalkan tekanan pada persendian dan risiko cedera.

Olahraga berisiko rendah dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan mobilitas. Selain itu, komponen kerja tim akan menghasilkan aktivitas sosial yang hebat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro