Gejala Flu. /AntaraNews
Health

10 Jenis Penyakit Menular, Berikut Gejala yang Patut Diwaspadai 

 Tresia
Selasa, 1 Februari 2022 - 00:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyakit infeksi merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh mikroorganisme. Seperti bakteri, virus, jamur, atau parasit. Virus tersebut biasanya dapat terkontaminasi dari orang lain, lingkungan, dari kontak hewan, atau dari gigitan serangga.

Mengutip dari laman National Foundation For Infectious Disease pada Senin, (31/1/2022). Berikut ada 10 jenis penyakit mudah menular yang patut Anda waspadai, sebelum terlambat, perhatikan gejala hingga cara pencegahannya. 

  1. Influenza (flu)

Influenza (flu) adalah infeksi virus menular yang dapat menyebabkan gejala ringan hingga berat dan komplikasi yang mengancam jiwa, termasuk kematian, bahkan pada anak-anak dan orang dewasa yang sehat. Virus influenza menyebar terutama dari satu orang ke orang lain melalui batuk atau bersin. 

Mereka juga dapat menyebar melalui menyentuh permukaan yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh mulut, mata, atau hidung. Gejalanya pun akan muncul membutuhkan waktu seminggu atau lebih dengan menunjukkan gejala seperti, nyeri pada otot, tubuh, dan sakit kepala, mudah lelah, batuk, pilek atau hidung tersumbat, dan/atau sakit tenggorokan, muntah dan diare (lebih sering terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa.

  1. Difteri

Difteri adalah penyakit bakteri akut yang biasanya menyerang amandel, tenggorokan, hidung, dan/atau kulit. Penyakit ini ditularkan dari orang ke orang melalui transmisi droplet, biasanya dengan menghirup bakteri setelah orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau bahkan tertawa.

 Ini juga dapat menyebar dengan memegang tisu bekas atau dengan minum dari gelas yang digunakan oleh orang yang terinfeksi, orang juga bisa sakit karena menyentuh luka yang terinfeksi pada orang dengan bentuk kulit difteri. 

Tanda dan gejalanya pun bervariasi mulai dari ringan hingga berat, dan akan muncul secara bertahap, dimulai dengan sakit tenggorokan dan demam bahkan adanya pembesaran kelenjar getah bening (kelenjar bengkak) yang terletak di leher. Difteri dapat menyebabkan lesi kulit yang  menyakitkan dan dapat menimbulkan ruam merah serta bengkak. 

  1. Campak

Campak adalah penyakit pernapasan yang sangat menular yang dapat mengakibatkan komplikasi parah, terkadang permanen, termasuk pneumonia, kejang, kerusakan otak, dan bahkan kematian.

Campak disebabkan oleh virus yang hidup di lendir hidung dan tenggorokan orang yang terinfeksi dan menyebar dengan mudah melalui pernapasan, batuk, dan bersin. 

Ketika seseorang dengan campak batuk, bersin, atau berbicara, tetesan yang terinfeksi menyebar ke udara (di mana orang lain dapat menghirupnya) atau mendarat di permukaan, virus tersebut akan tetap aktif dan menyebar selama beberapa jam. Jika orang lain menghirup udara yang terkontaminasi atau menyentuh permukaan yang terinfeksi, kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut mereka, mereka dapat terinfeksi. 

Gejalanya meliputi ruam, batuk, pilek, iritasi mata, dan demam. Anak-anak penderita campak sering merasa sengsara dan mungkin bolos sekolah, dengan kehilangan nafsu makan, diare, dan kepekaan terhadap cahaya apa pun.

Ruam biasanya muncul sekitar 14 hari setelah seseorang terpapar, ruam menyebar dari kepala ke batang tubuh ke ekstremitas bawah. Pasien yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah tidak selalu mengalami ruam.

  1. Virus Zika 

Penyakit virus Zika disebabkan oleh virus yang ditularkan terutama oleh nyamuk Aedes, Zika dapat ditularkan oleh wanita hamil ke bayi yang sedang berkembang. Dan infeksi selama kehamilan, dapat menyebabkan mikrosefali dan cacat lahir serius lainnya. 

Wanita hamil yang mengalami gejala infeksi virus Zika harus dipantau secara ketat oleh tenaga ahli medis, gejala yang ditimbulkan mirip dengan demam berdarah atau chikungunya, yang ditularkan oleh jenis nyamuk yang sama. Seperti, demam ringan, ruam, konjungtivitis, nyeri otot dan sendi, malaise, atau sakit kepala. Satu dari empat orang mungkin mengalami gejala, tetapi pada mereka yang terkena, penyakit ini biasanya dengan gejala yang dapat berlangsung antara dua dan tujuh hari.

  1. Hepatitis A

Hepatitis A adalah penyakit hati menular yang disebabkan oleh virus hepatitis A (HAV), virus ini paling sering menyebar melalui  makan makanan yang terkontaminasi  Atau minum air yang terkontaminasi. Tetapi juga dapat menyebar melalui kontak orang-ke-orang yang dekat, seperti rumah tangga atau kontak seksual dengan orang yang terinfeksi. 

Hepatitis A adalah penyakit paling umum yang dapat dicegah dengan vaksin yang didapat selama perjalanan, Kebanyakan orang dewasa dengan hepatitis A memiliki gejala, termasuk kulit atau mata kuning (jaundice), kelelahan, sakit perut, kelelahan, kehilangan nafsu makan, atau mual, yang biasanya sembuh dalam waktu dua bulan setelah infeksi. Sedangkan pada anak-anak dibawah usia 6 tahun, gejalanya akan muncul seperti  Demam, kelelahan, kehilangan selera makan, mual, muntah, sakit perut, urin gelap, diare, nyeri sendi dan penyakit kuning.

  1. Virus Corona

Merupakan sekelompok virus besar yang menyebabkan penyakit pada hewan dan manusia, Virus ini sering beredar di antara unta, kucing, dan kelelawar dan dapat berevolusi untuk menginfeksi manusia.

Pada hewan seperti sapi dan babi, virus corona dapat menyebabkan diare serta penyakit saluran pernapasan atas pada ayam. 

Sementara pada manusia, virus dapat menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu biasa, tetapi dapat menyebabkan penyakit serius bahkan kematian.Penyakit ini biasanya berlangsung untuk waktu yang singkat, dan gejalanya seperti demam, batuk, sakit kepala, pilek, sakit tenggorokan.

  1. HIV/Aids

Acquired immunodeficiency syndrome (AIDS) adalah kondisi kronis yang berpotensi mengancam jiwa seseorang, Penyakit disebabkan oleh human immunodeficiency virus (HIV). Dengan merusak sistem kekebalan, HIV mengganggu kemampuan tubuh untuk melawan organisme penyebab penyakit.

Sementara, HIV merupakan infeksi menular seksual dan juga dapat menyebar melalui kontak dengan darah yang terinfeksi atau dari ibu ke anak selama kehamilan, persalinan, atau menyusui. Tanpa pengobatan, HIV secara bertahap melemahkan sistem kekebalan hingga orang yang terinfeksi dapat mengembangkan AIDS.

  1. Penyakit Polio 

Merupakan sebuah penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang menyerang sistem saraf, virus polio menyebar melalui kontak dengan tinja (feses) orang yang terinfeksi atau droplet dari bersin atau batuk. 

Sebagian orang, yang terinfeksi virus ini tidak akan sadar karena tidak mengalami gejala apapun. Sementara beberapa individu lainnya akan mengalami gejala ringan seperti demam, kelelahan, mual, sakit kepala, gejala seperti flu, kekakuan pada leher dan punggung, serta nyeri pada anggota badan yang seringkali sembuh total. Pada beberapa orang, virus polio dapat menyebabkan kelumpuhan (biasanya kaki), yang dapat menyebabkan cacat permanen dan kematian, dalam banyak kasus dengan melumpuhkan otot-otot yang membantu mereka bernapas.

  1. Penyakit Meningokokus

Merupakan sebuah penyakit bakteri serius yang dapat menyebabkan pembengkakan parah pada jaringan di sekitar otak, dan sumsum tulang belakang (meningitis) atau infeksi aliran darah (septikemia meningokokus atau meningokokus). 

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), bakteri meningokokus menyebar melalui pertukaran sekresi pernapasan dan tenggorokan seperti air liur atau ludah (misalnya, dengan batuk, tinggal dalam jarak dekat, berciuman).

Adapun gejala awal penyakit meningokokus seringkali mirip dengan influenza (flu) sehingga dapat menyebabkan keterlambatan dalam diagnosis dan pengobatan. Gejala biasanya berkembang sangat cepat seperti, demam, sakit kepala, leher kaku, kebingungan, mual, muntah, kelelahan, ruam keunguan

  1. Batuk rejan ( pertusis) 

Jenis penyakit infeksi terakhir adalah Batuk Rejan atau bisa disebut sebagai pertusia, penyakit ini diklaim yang sangat menular.  

Penyakit serius yang dapat menyebar dengan mudah dari orang ke orang melalui batuk dan bersin. Infeksi menyebabkan batuk yang sangat parah sehingga sulit untuk bernapas, makan, atau tidur. 

Batuk rejan bahkan dapat menyebabkan tulang rusuk retak, radang paru-paru, atau rawat inap. Batuk rejan paling berbahaya untuk bayi di bawah usia 3 bulan. Banyak bayi yang menderita batuk rejan terinfeksi oleh kakak, orang tua, atau pengasuh yang mungkin tidak tahu bahwa mereka mengidap penyakit tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Tresia
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro