Ilustrasi makanan tinggi garam penyebab tekanan darah tinggi/Pexels.com
Health

Hindari 6 Makanan Ini Jika Tidak Ingin Tekanan Darah Tinggi

Intan Riskina Ichsan
Jumat, 4 Februari 2022 - 13:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Hipertensi atau tekanan darah tinggi menjadi salah satu faktor risiko serangan jantung dan stroke. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk menghindari tekanan darah tinggi dengan memperhatikan konsumsi makanan.

Dilansir dari laman p2ptm.kemkes.go.id, Jumat (4/2/2022), konsumsi garam berlebih dapat meningkatkan jumlah natrium dalam sel dan mengganggu keseimbangan cairan.

Nah, masuknya cairan ke dalam sel ini akan mengecilkan diameter pembuluh darah arteri, sehingga jantung harus memompa darah lebih kuat yang berakibat meningkatnya tekanan darah.

Berkaitan dengan itu, American Heart Association (AHA) pun telah membuat "The Salty Six" guna mengetahui makanan yang harus Anda hindari atau setidaknya batasi, jika tidak ingin mengalami tekanan darah tinggi.

Berikut ulasan lengkapnya, dilansir dari laman Eat This Not That.

1. Roti

Muffin rata-rata mengandung 510 mg natrium. Jumlah tersebut tentunya cukup tinggi mengingat Anda harus membatasi asupan natrium Anda menjadi 2.300 mg per hari, bahkan 1.500 mg jika Anda memiliki tekanan darah tinggi.

2. Pizza

Pizza bisa dibilang memiliki kandungan garam sangat tinggi. Mulai dari roti, keju, hingga saus tomat, serta topping, seperti pepperoni dan jamur kalengan, mengandung banyak sodium. Jadi, bisa dibayangkan bukan berapa banyak kandungan garam jika semua bahan tersebut dicampur menjadi satu?

3. Sandwich dan makanan cepat saji lainnya

Meski memiliki isian berupa berupa daging, selada, dan tomat, makanan cepat saji tetap dikategorikan sebagai junk food. Pasalnya, kombinasi dari makanan ini justru kaya akan kolesterol dan lemak jenuh. Laman MV Organizing menyebutkan, satu burger mengandung 500 kalori, 25 gram lemak, 40 gram karbohidrat, 10 gram gula, dan 1.000 miligram natrium.

4. Daging dingin dan daging lain yang diawetkan

Mengurangi makan daging awetan, seperti bacon, ham, dan sosis adalah salah satu cara paling efektif untuk mengurangi asupan natrium. Sebagai gantinya, pilihlah daging segar atau potongan daging dingin rendah sodium.

5. Sup

Rata-rata sup kaleng mengandung antara 1.400 dan 1.800 miligram natrium. Angka tersebut telah lebih dari setengah asupan natrium yang direkomendasikan.

6. Burrito dan taco

Walau dibuat dengan kacang-kacangan, burrito bisa memiliki 1.000 mg sodium berkat tambahan keju, salsa, dan tortilla. Jadi, kurangilah mengonsumsi taco agar tekanan darah tidak meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro