Ilustrasi Omicron./Antara
Health

Gejala Utama Covid Subvarian Omicron

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 12 Februari 2022 - 15:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Omicron adalah varian terbaru dari virus corona. Hingga saat ini lima varian virus termasuk Omicron telah terdaftar oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai varian yang menjadi perhatian karena penularan dan agresivitasnya yang tinggi.

Baru-baru ini subvarian Omicron telah ditemukan dan menurut update terbaru yang diberikan oleh WHO kemungkinan akan menyebar secara global.

Dilansir dari Times of India, subvarian Omicron, BA.2, juga dikenal sebagai siluman Omicron, dikatakan lebih menular daripada nenek moyangnya Omicron. Menurut Maria Van Kerkhove, pimpinan teknis COVID-19 WHO, subvarian BA.2, yang lebih menular daripada versi BA.1 yang dominan saat ini, kemungkinan akan menjadi lebih umum, CNBC melaporkan.

WHO sedang memantau BA.2 untuk melihat apakah subvarian menyebabkan peningkatan infeksi baru di negara-negara yang mengalami peningkatan pesat dan kemudian penurunan tajam dalam kasus omicron, kata Van Kerkhove.

Sesuai laporan, pusing atau vertigo adalah salah satu tanda awal infeksi yang disebabkan oleh subvarian Omicron. Mungkin ada alasan lain mengapa Anda pusing, tetapi jika kondisi ini berlanjut, Anda harus menghubungi ahli medis.

Para ahli juga mengatakan bahwa kelelahan datang kepada orang-orang lebih cepat pada infeksi subvarian Omicron daripada varian leluhur. Dr Angelique Coetzee, dokter Afrika Selatan yang pertama kali menemukan varian Omicron juga mengaitkan kelelahan dengan varian ini.

Gejala lain dari subvarian Omicron

Subvarian Omicron diyakini akan menimbulkan gejala ringan sebagai varian induknya.

Gejala umum yang terkait dengan infeksi yang disebabkan oleh siluman Omicron adalah pilek, tenggorokan gatal, sakit kepala, kelelahan, bersin, nyeri tubuh, keringat malam, kehilangan nafsu makan, dan muntah.

Orang juga bisa mengalami pingsan, kemacetan, kabut otak, ruam kulit, konjungtivitis.

Sementara penelitian masih berlangsung, tidak ada indikasi perbedaan tingkat keparahan infeksi yang disebabkan oleh salah satu subvarian, kata Maria Van Kerkhove, pimpinan teknis COVID-19 WHO. WHO sedang memantau BA.2 untuk melihat apakah subvarian menyebabkan peningkatan infeksi baru di negara-negara yang mengalami peningkatan pesat dan kemudian penurunan tajam dalam kasus omicron, kata Van Kerkhove.

BA.2 lebih mudah menular daripada BA.1, kata pakar WHO.

Para peneliti di Denmark telah menemukan bahwa BA.2 sekitar 1,5 kali lebih mudah menular daripada BA.1 dan lebih mahir menginfeksi orang yang divaksinasi dan bahkan dikuatkan. Namun, orang yang divaksinasi lengkap lebih kecil kemungkinannya untuk menyebarkannya daripada yang tidak divaksinasi.

Subvarian Omicron juga memiliki kemungkinan menginfeksi ulang orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro