vaksin Covid-19 jenis Pfizer dan Moderna buatan Amerika Serikat/inquirer.net
Health

Kemanjuran Vaksin Booster Moderna dan Pfizer Turun 4 Bulan Setelah Vaksinasi

Mia Chitra Dinisari
Senin, 14 Februari 2022 - 08:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kemanjuran dosis ketiga vaksin mRNA Pfizer dan Moderna berkurang secara substansial pada bulan keempat setelah pemberian, sebuah studi baru oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengungkapkan.

Studi baru ini didasarkan pada lebih dari 241.204 kunjungan ke unit gawat darurat atau klinik perawatan darurat, dan 93.408 rawat inap, yang lebih serius, di antara orang dewasa dengan penyakit mirip Covid-19 selama 26 Agustus 2021-22 Januari 2022.

Kemanjuran vaksin diperkirakan dengan membandingkan kemungkinan tes Covid positif antara pasien yang divaksinasi dan tidak divaksinasi dan menggunakan metode statistik untuk mengontrol minggu kalender, wilayah geografis, sambil menyesuaikan usia, tingkat penularan lokal, dan karakteristik pasien seperti penyakit penyerta.

Perlindungan lebih memudar dalam mencegah perawatan darurat, turun dari 87 persen dalam dua bulan pertama menjadi 66 persen setelah empat bulan.

Sedangkan kemanjuran vaksin terhadap rawat inap adalah 91 persen dalam dua bulan pertama, tetapi turun menjadi 78 persen pada bulan keempat setelah dosis ketiga.

Setelah lebih dari lima bulan, efektivitas vaksin turun menjadi sekitar 31 persen, tetapi para peneliti mencatat bahwa perkiraan itu “tidak tepat karena hanya sedikit data yang tersedia” untuk kelompok orang tersebut.

CDC juga mengatakan booster masih memberikan perlindungan yang signifikan dalam menjaga orang dirawat di rumah sakit selama gelombang omicron, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Jumat oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Para peneliti menemukan suntikan booster tetap sangat efektif melawan covid-19 sedang dan parah selama sekitar dua bulan setelah dosis ketiga. Tetapi efektivitasnya menurun secara substansial setelah empat bulan, menunjukkan perlunya booster tambahan, kata studi tersebut.

“Temuan bahwa perlindungan yang diberikan oleh vaksin mRNA berkurang dalam beberapa bulan setelah menerima dosis vaksin ketiga memperkuat pentingnya pertimbangan lebih lanjut dari dosis tambahan untuk mempertahankan atau meningkatkan perlindungan,” para penulis menyimpulkan dilansir dari NDTV.

Perlindungan dari rejimen vaksin dua dosis telah menurun sejak omicron menjadi dominan, tetapi dosis ketiga meningkatkan sistem kekebalan kembali ke tingkat yang kuat untuk mencegah penyakit yang cukup parah dan parah, sebuah studi CDC sebelumnya menemukan.

Kekebalan yang memudar setelah suntikan ketiga vaksin mRNA selama omicron telah diamati di Israel dan dalam laporan awal dari CDC, kata studi tersebut. Tetapi laporan hari Jumat mewakili data dunia nyata pertama di Amerika Serikat tentang daya tahan perlindungan itu selama delta dan omicron.

Dalam sebuah pernyataan, CDC mengatakan booster “aman dan efektif” dan penelitian menunjukkan bahwa dosis ketiga vaksin mRNA “terus menawarkan perlindungan tingkat tinggi terhadap penyakit parah, bahkan berbulan-bulan setelah pemberian, menggarisbawahi pentingnya tetap up-to-date ketika memenuhi syarat setelah menerima seri utama.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro