Efek samping vaksin Covid Pfizer-BioNTech/BBC
Health

5 Efek Samping Vaksin Covid Pfizer yang Sering Dirasakan

Novita Sari Simamora
Jumat, 18 Februari 2022 - 17:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Efek samping vaksin Covid Pfizer bisa saja dirasakan oleh sebagian orang, setelah beberapa jam menerima suntikan vaksin tersebut.

Kini pemerintah sedang gencar untuk melaksanakan program vaksinasi Covid-19 dosis 1 dan 2 untuk mencegah penyebaran virus corona. Vaksin Covid booster juga tengah digalakkan di semua desa dan kota.

Ada beberapa vaksin yang disetujui untuk menjadi vaksin booster yakni Pfizer, Moderna, dan AstraZeneca. Simak efek samping vaksin Covid Pfizer yang sering dirasakan oleh masyarakat:

1. Sakit di tempat suntikan

2. Kelelahan

3. Sakit kepala

4. Nyeri otot atau sendi

5. Meriang

Sementara itu, survei di Israel menunjukkan bahwa mayoritas orang yang menerima dosis ketiga vaksin Covid Pfizer merasakan efek samping yang serupa atau lebih sedikit daripada yang mereka rasakan setelah menerima suntikan kedua.

Efek samping vaksin Covid adalah ringan sampai sedang, berlangsung kira-kira dua hari setelah menerima suntikan booster. Bagi orang yang ingin menerima booster, maka syaratnya adalah 6 bulan setelah mereka menerima suntikan dosis kedua. 

Dr. Samir Sinha, direktur geriatri di rumah sakit Sinai Health and University Health Network di Toronto menuturkan bahwa efek samping yang terjadi pada vaksin Covid dan suntikan booster tidak berbeda dengan vaksin sebelumnya. 

Dia mengatakan bahwa sistem kekebalan tubuh sedang benar-benar bekerja dan merespons sebagaimana mestinya terhadap vaksin yang disuntikkan ke tubuh. Selain itu, keamanan booster juga sama dengan vaksin dosis sebelumnya. 

Namun, sebagian orang juga mungkin mengalami reaksi yang lebih intens terhadap suntikan dengan rasa sakit kepala, tubuh menggigil dan kelelahan, yang lain hanya merasakan nyeri di lengan yang disuntik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro