Bayam/bandt.com.au
Health

Wajib Tahu! Ini 5 Sayuran untuk Penambah Darah

Aliftya Amarilisya
Kamis, 24 Februari 2022 - 17:33
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Sering merasa lemas, cepat lelah, pusing, hingga napas pendek? Bisa jadi Anda mengalami anemia atau kurang darah. Nah, lalu bagaimana cara mengatasinya?

Tak melulu dengan mengonsumsi obat-obatan, kurang darah ini bisa diatasi dan dicegah dengan mengonsumsi sayuran, terutamanya yang mengandung zat besi.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (23/2/2022), berikut daftar sayuran yang bermanfaat untuk meningkatkan kadar darah dalam tubuh.

1. Bayam

Dikutip dari Healthline, bayam mengandung nitrat yang tinggi. Kandungan nitrat tersebut dapat membantu meningkatkan sirkulasi dengan melebarkan pembuluh darah, sehingga darah bisa mengalir ke dalam tubuh lebih mudah.

Selain itu, bayam juga mengandung antioksidan yang disebut karotenoid yang dapat mengurangi risiko kanker, peradangan, dan menyehatkan mata.

2. Wortel

Dilansir dari Wellcurve, mengonsumsi wortel secara teratur bisa membantu meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh secara alami. Selain dijadikan campuran dalam sup, Anda bisa mengonsumsi wortel dengan cara dijus.

3. Tomat

Disebutkan dalam Medicalnewstoday, tomat mengandung vitamin C dan zat besi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan darah dan membantu sirkulasi darah.

4. Daun kelor

Dilansir dari Metropolisindia, daun kelor kaya akan mineral, seperti seng, besi, tembaga, magnesium, vitamin A, B dan C. Dengan mengonsumsinya secara teratur, kadar hemoglobin dan jumlah sel darah merah dalam tubuh pun bisa meningkat.

5. Kale

Selain serat, kale mengandung zat besi, antioksidan, kalsium, vitamin C dan K. Ia juga kaya akan kalium yang baik untuk kesehatan jantung. American Heart Association (AHA) menyebut, meningkatkan asupan kalium sekaligus mengurangi konsumsi garam, bisa mengurangi risiko hipertensi dan penyakit kardiovaskular.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro