Ilustrasi pasien mengecek gejala diabetes/Freepik
Health

3 Gejala Awal Anda Terkena Diabetes

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 24 Februari 2022 - 20:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Diabetes adalah penyakit kronis yang menyebabkan gula darah seseorang melonjak, yang dapat menyebabkan kerusakan serius pada organ, saraf, dan pembuluh darah Anda.

Ahli Endokrinologi Dr. Brian Fertig, M.D., F.A.C.E., Pendiri dan Presiden Pusat Diabetes & Osteoporosis dan penulis "Metabolisme & Kedokteran," menjelaskan mengapa diabetes menjadi lebih umum dan tanda-tanda yang harus diwaspadai.

Dr. Fertig mengatakan, ini dapat dikaitkan dengan usia generasi baby boomer yang semakin tua serta perilaku gaya hidup yang tak terpisahkan terkait dengan perubahan stres sosial dan sosial, dan ketersediaan luas makanan padat kalori dan miskin nutrisi.

Umumnya , ketika seseorang "stres," mereka makan berlebihan atau kurang makan di samping hampir selalu makan makanan berkualitas buruk. Kelebihan kalori menguasai dan merusak pembangkit listrik penghasil energi sel, sehingga alih-alih kalori yang dibakar, mereka mendapatkan disimpan dalam sel-sel lemak, menyebabkan penambahan berat badan dan resistensi insulin (dan kompensasi kadar insulin darah tinggi), yang sering menjadi prekursor timbulnya diabetes.

Diet mikronutrien yang buruk merusak fungsi mesin metabolisme juga menyebabkan resistensi insulin, sehingga menjadi predisposisi diabetes. , makanan olahan yang mengandung aditif sintetis (misalnya, pewarna buatan, penyedap, pengawet, pengemulsi) menyebabkan sekresi insulin berlebih dari pankreas yang mengarah ke sekunder terhadap resistensi insulin. 

Menurut Dr. Fertig, meskipun ada kecenderungan genetik untuk semua bentuk diabetes, mereka yang berada di bawah stres tinggi, tidak aktif berolahraga, dan memiliki kuantitas, kualitas dan/atau waktu tidur dan diet yang buruk juga berisiko. Perilaku gaya hidup ini semakin memperkuat respons stres seseorang dan juga dapat mengganggu kognisi.

Pada dasarnya, semua ini merusak kemampuan tubuh untuk menghasilkan energi dari makanan. Pada intinya, ini disebabkan oleh oksidasi kimia molekuler dari mesin metabolisme, yang analog dengan terhadap efek oksidasi logam berkarat dan pencoklatan apel yang digigit yang terpapar udara. Di dalam tubuh, oksidasi tersebut menyebabkan, dan disebabkan oleh, peradangan.

Gangguan utama terkait lainnya yang berkontribusi terhadap perkembangan diabetes dan banyak komplikasinya termasuk kadar tinggi insulin dalam darah, resistensi insulin, dan penyimpanan lemak di dalam dan di sekitar sel-sel organ vital, yang semuanya merupakan ciri khas diabetes tipe 2.

1. Sering buang air kecil

Dr Fertig menjelaskan, hal ini sering terjadi pada awal diabetes, sebelum telah diobati ketika gula darah biasanya sangat tinggi, yang bertindak sebagai diuretik.

Dehidrasi berikutnya mengkonsentrasikan gula darah dan meningkatkan adrenalin untuk menyempitkan pembuluh darah yang mencegah penurunan kadar gula darah. tekanan darah, yang bersama-sama lebih meningkatkan kadar gula darah, sehingga memperburuk sering buang air kecil dalam siklus feed forward.

Selain proses ini terjadi pada awal diabetes, dapat terjadi pada setiap tahap diabetes karena terapi yang tidak efektif, ketidakpatuhan terapi, kandungan gula yang tinggi dalam makanan, penambahan berat badan atau perkembangan resistensi insulin atau penurunan komponen sekresi insulin penyakit.

Sementara ginjal kita dapat menyaring beberapa kelebihan glukosa, ini seringkali tidak cukup dan sisa glukosa tumpah ke dalam urin. Jika diobati, sering buang air kecil dapat dicegah.

2. Peningkatan Rasio Otot terhadap Lemak

Hilangnya massa otot dan bertambahnya massa lemak adalah tanda lain diabetes. Kenaikan berat badan sebagian besar disebabkan oleh resistensi insulin di pusat rasa kenyang di otak. Awalnya kita mungkin tidak merasa lapar sampai kita mulai makan tetapi tidak merasa kenyang dan tidak bisa mematikannya. Kehilangan otot disebabkan oleh kombinasi gula darah tinggi dan kadar lemak (lipid) darah tinggi yang diambil ke dalam sel otot. Oksidasi terkait dan efek inflamasi pada akhirnya mengarah pada kematian sel-sel otot dan atrofi otot yang terkait. Penurunan rasio otot terhadap lemak ini cenderung memburuk pada tahap akhir diabetes (dan resistensi insulin).

3. Predisposisi Infeksi

Penderita diabetes rentan terhadap semua jenis infeksi karena kadar gula darah yang tinggi, yang merupakan agen inflamasi yang melemahkan sistem kekebalan. Banyak penderita diabetes mengalami infeksi saluran kemih berulang dan/atau penyakit gusi sebagian besar karena mikrobiota yang terganggu. di saluran kemih dan mulut, masing-masing. Ini terjadi pada semua tahap diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro