Seleksi masuk perguruan tinggi. Ada beberapa jurusan kuliah teknik yang paling dibutuhkan dan dicari di Indonesia
Relationship

5 Jurusan Kuliah Teknik yang Paling Dibutuhkan di Indonesia

Nabila Dina Ayufajari
Jumat, 25 Februari 2022 - 21:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebelum mendaftar seleksi masuk perguruan tinggi, siswa perlu banyak mempertimbangkan saat memilih jurusan kuliah. Selain untuk menyesuaikan kemampuan dan cita-cita yang dimiliki, bahan pertimbangan lainnya adalah peluang kerja yang tersedia.

Untuk mempertimbangkan jurusan yang menawarkan prospek karir yang luas, siswa perlu mempertimbangkan bidang yang sedang banyak dicari oleh dunia kerja, seperti lulusan jurusan teknik. 

Diketahui saat ini perkembangan teknologi semakin pesat dan canggih. Misalnya, proyek ruang virtual, Metaverse, yang banyak membutuhkan SDM jurusan teknik di masa depan.

Indonesia pun butuh lebih banyak anak bangsa yang ahli dalam bidang teknik untuk mengembangkan teknologi yang luar biasa. Tertarik? Simak 5 daftar jurusan teknik yang lulusannya menjadi incaran di masa depan.

  1. Jurusan Teknik Biomedik

Ternyata kata ‘teknik’ tidak hanya dikaitkan dengan informatika, elektro, atau mesin saja, tetapi juga dengan kedokteran.

Jurusan Teknik Biomedik merupakan perpaduan antara ilmu teknik dan kedokteran yang mempelajari desain perangkat mekanik dan elektronik untuk dunia kesehatan. Oleh karena itu, jurusan ini hadir untuk membangun teknologi medis guna mengembangkan industri alat kesehatan di Indonesia.

  1. Jurusan Teknik Elektro

Jurusan Teknik Elektro memiliki ilmu yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan peradaban manusia. Hal ini terbukti bahwa kebutuhan akan ilmu  jurusan ini masih diperlukan sampai sekarang.

Mahasiswa tidak hanya belajar tentang kelistrikan, tetapi juga belajar tentang telekomunikasi. Adanya lulusan dari jurusan elektro membuat perkembangan internet dan teknologi komunikasi secanggih sekarang.

  1. Jurusan Teknik Informatika

Mahasiswa di jurusan ini dilatih untuk menjadi ahli di bidang teknologi. Bahkan, di jurusan ini Anda juga akan belajar memprogram untuk membuat aplikasi. Oleh karena itu, lulusan dari jurusan Teknik Komputer akan sesuai dengan kebutuhan dunia  masa depan.

  1. Jurusan Teknik Mesin

Jurusan Teknik Mesin mempelajari mesin-mesin yang digunakan dalam berbagai objek teknologi. Tidak hanya itu, jurusan ini juga mengenalkan Anda proses membuat robot dan cara kerjanya. Untuk masuk ke jurusan ini, Anda perlu dibekali oleh pengetahuan dasar sains, seperti Matematika, Fisika, dan Kimia.

  1. Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan merupakan jurusan yang relatif baru di Indonesia. Bahkan, tahun 2021 hanya Universitas Airlangga yang menyediakan jurusan ini.

Terbentuknya jurusan ini menunjukkan bahwa mulai dibutuhkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang kompeten untuk mengembangkan integrasi  robotika dan kecerdasan buatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro