Ilustrasi/Makeupandbeauty
Fashion

Hati-hati, Ini Dampak Buruk dari Filler Wajah

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 6 Maret 2022 - 18:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dermal filler adalah zat yang disuntikkan di bawah kulit untuk membantu mengembalikan volume dan menghaluskan garis-garis halus dan kerutan.

Dilansir dari Health Digest, tidak seperti Botox, yang menggunakan toksin Botulinum untuk membekukan otot-otot di wajah, pengisi kulit menggunakan asam hialuronat, kalsium hidroksilapatit, polimetilmetakrilat, atau asam poli-L-laktat untuk mengisi dan mengencangkan kulit.

Menurut Self, hyaluronic adalah filler yang paling umum, karena membantu kulit mempertahankan kelembapan dan tampak lebih montok dan terhidrasi. Namun, jenis pengisi yang digunakan untuk suatu prosedur ditentukan oleh praktisi medis Anda berdasarkan area injeksi.

Pengisi kulit sangat populer karena hasilnya hampir seketika dan dapat bertahan dari enam bulan hingga dua tahun, tergantung pada jenis pengisi. Mendapatkan perawatan ini adalah prosedur medis, jadi penting untuk memastikan orang yang melakukan suntikan Anda adalah dokter kulit bersertifikat atau ahli bedah plastik. Jaminan ini dapat membantu meminimalkan risiko efek samping yang tidak menyenangkan dan tidak diinginkan.

Penggunaan pengisi kulit yang tidak tepat dapat menyebabkan komplikasi serius. Meskipun jarang, menyuntikkan filler ke dahi dan area mata dapat menyebabkan kebutaan permanen. Itu karena filler bisa membuat penyumbatan di pembuluh darah di dekat mata Anda (via Best Life). Ini dikenal sebagai oklusi vaskular, yang dapat mengurangi atau menghentikan aliran darah ke mata dan mengakibatkan hilangnya penglihatan sepenuhnya.

Kebutaan adalah efek samping yang jarang terjadi dan tidak mungkin terjadi di bawah perawatan dokter yang terakreditasi. Tetapi jika Anda khawatir tentang risikonya, mungkin lebih baik tidak menggunakan filler di dahi Anda sama sekali.

Area yang paling umum orang mendapatkan filler adalah di pipi, bibir, dagu, dan rahang. Jika Anda bertekad untuk menghilangkan garis dan kerutan di dahi, Anda dapat memilih Botox atau perawatan yang tidak terlalu invasif, seperti serum topikal dan pengelupasan kimia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro