Ilustrasi pria mengalami kanker prostat/Freepik
Health

Para Pria Wajib Tahu, Suplemen dan Viatmin Ini Picu Risiko Kanker Prostat

Mia Chitra Dinisari
Senin, 7 Maret 2022 - 14:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Temuan mengejutkan menunjukkan suplemen vitamin yang populer dapat meningkatkan risiko kanker prostat pada pria.

Penelitian telah menemukan banyak faktor gaya hidup yang meningkatkan risiko kanker, tetapi salah satu yang menimbulkan keraguan adalah suplementasi vitamin E.

Melansir Express, vitamin E membantu menjaga kesehatan kulit dan mata, serta memperkuat pertahanan alami tubuh terhadap penyakit dan infeksi (sistem kekebalan tubuh).

Kebanyakan orang harus mendapatkan vitamin E yang mereka butuhkan melalui makanan mereka dan semakin banyak bukti menunjukkan ini adalah pendekatan yang jauh lebih aman.

Studi yang dilakukan pada tahun 80-an dan 90-an menunjukkan bahwa vitamin E dan selenium masing-masing memberikan perlindungan terhadap kanker prostat.

Percobaan Pencegahan Kanker Selenium dan Vitamin E (SELECT) dimulai pada tahun 2001 untuk menyelidiki temuan lebih lanjut.

36.000 sukarelawan setengah baya yang sehat dibagi menjadi empat kelompok.

Setiap pria meminum dua pil sehari: 400 unit internasional (IU) vitamin E ditambah 200 mikrogram selenium; vitamin E ditambah plasebo; selenium ditambah plasebo; atau dua plasebo. Baik pria maupun dokter mereka tidak tahu siapa yang meminum apa.

Meskipun SELECT seharusnya bertahan hingga 2011, itu dihentikan tiga tahun lebih awal karena baik vitamin E maupun selenium tidak menunjukkan manfaat apa pun dan ada tanda-tanda peringatan yang samar-samar bahwa mereka mungkin membahayakan.

Sebuah laporan tahun 2014 di Journal of National Cancer Institute memberikan klarifikasi lebih lanjut.

Sebuah tim peneliti dari seluruh AS mengamati secara khusus hampir 5.000 sukarelawan SELECT yang mengirimkan kliping kuku kaki ketika mereka mengikuti uji coba.

Potongan kuku adalah cara yang bagus untuk mengukur berapa banyak selenium dalam tubuh pria (atau wanita).

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin E saja meningkatkan risiko terkena kanker prostat tingkat tinggi, tetapi hanya pada pria yang memulai studi dengan kadar selenium rendah.

Studi itu juga menunjukkan fakta-fakta sebagai berikut :

1. Konsumsi selenium, baik sendiri atau dalam kombinasi dengan vitamin E, meningkatkan risiko kanker prostat tingkat tinggi pada pria yang memulai penelitian dengan tingkat selenium tinggi, tetapi tidak pada mereka dengan tingkat selenium rendah.

2. Di antara pria yang tidak mengonsumsi vitamin E atau selenium, mereka yang memulai penelitian dengan kadar selenium tinggi tidak lebih mungkin mengembangkan kanker prostat daripada pria yang memulai penelitian dengan kadar selenium rendah. (Ini berarti pelakunya ditambahkan selenium dari suplemen, bukan selenium dari makanan.

“Saya menasihati semua pasien saya untuk benar-benar menghindari suplemen makanan yang mengandung selenium atau vitamin E—termasuk multivitamin,” kata ahli kanker prostat Doctor Marc Garnick, profesor kedokteran klinis di Harvard Medical School, ahli onkologi di Beth Israel Deaconess Medical Center, dan pemimpin redaksi Laporan Tahunan Harvard tentang Penyakit Prostat.

Tanda-tanda Kanker prostat :

NHS menjelaskan: "Kanker prostat biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun sampai kanker telah tumbuh cukup besar untuk memberi tekanan pada tabung yang membawa urin dari kandung kemih keluar dari penis (uretra)."
Gejala kanker prostat dapat meliputi:

1. Ingin buang air kecil lebih sering, sering di malam hari
2. Perlu buru-buru ke toilet
3. Kesulitan untuk mulai buang air kecil (keragu-raguan)
4. Mengejan atau butuh waktu lama saat buang air kecil
5. Aliran lemah
6. Merasa bahwa kandung kemih Anda belum dikosongkan sepenuhnya
7. Darah dalam urin atau darah dalam air mani.

Gejala-gejala ini tidak selalu berarti Anda menderita kanker prostat.

"Banyak pria mengalami pembesaran prostat seiring bertambahnya usia karena kondisi non-kanker yang disebut pembesaran prostat jinak," catat NHS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro