Stroke/webmd.com
Health

Cukup Asupan Serat Cegah Anda Terkena Stroke

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 8 Maret 2022 - 08:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa faktor risiko utama stroke bisa Anda hindari melalui pola makan sehat. 

Pola makan yang tidak sehat dapat meningkatkan peluang Anda terkena stroke karena dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan kadar kolesterol. Ada sekitar 1,3 juta penderita stroke di Inggris, dan gejala Anda akan tergantung pada bagian otak Anda yang terpengaruh dan tingkat kerusakannya.

University of Leeds menemukan bahwa mereka yang makan makanan berserat tinggi mengalami risiko lebih rendah terkena stroke pertama kali.

Pedoman pemerintah yang diterbitkan pada Juli 2015 mengatakan asupan serat makanan kita harus meningkat menjadi 30g sehari, sebagai bagian dari diet seimbang yang sehat.

Karena kebanyakan orang dewasa hanya makan rata-rata sekitar 18g sehari, kita perlu menemukan cara untuk meningkatkan asupan kita.

Studi Universitas menunjukkan bahwa peningkatan tujuh gram serat makanan per hari dikaitkan dengan penurunan tujuh persen risiko stroke pertama kali.

Para peneliti menganalisis, dan menggabungkan hasil dari, delapan studi yang diterbitkan antara tahun 1990 dan 2012.

“Sebagian besar dari kita perlu makan lebih banyak serat dan memiliki lebih sedikit gula tambahan dalam makanan kita. Makan banyak serat dikaitkan dengan risiko penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, dan kanker usus yang lebih rendah," demikian penjelasan NHS dilansir dari Express.

Karena itu, menurut mereka, sangat penting untuk mendapatkan serat dari berbagai sumber, karena makan terlalu banyak satu jenis makanan mungkin tidak memberi Anda diet seimbang yang sehat.

The Stroke Association mencatat, makanan yang tinggi serat membantu mengurangi jumlah kolesterol dalam darah Anda, jadi ketika memilih makanan bertepung, pilihlah sereal gandum utuh, beras merah, atau biji-bijian seperti gandum utuh.

Sedangkan diet yang tidak sehat dapat meningkatkan peluang Anda terkena stroke karena dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan kadar kolesterol Anda.

British Heart Foundation memperingatkan serat tidak hanya untuk pencernaan, tetapi juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro