Ilustrasi serangan jantung
Health

Kaitan Sakit Jantung dengan Psoriasis

Intan Riskina Ichsan
Kamis, 10 Maret 2022 - 13:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Penyakit jantung mempengaruhi hampir delapan juta orang di Inggris. Banyak bentuk penyakit jantung yang dapat dicegah dengan gaya hidup sehat. Namun, ada kondisi yang meningkatkan kemungkinan terkena penyakit jantung. Salah satunya adalah penyakit psoriasis.

Penelitian baru yang diterbitkan di Arthritis & Rheumatology telah menemukan bahwa orang dengan penyakit psoriasis lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit jantung. Peradangan jangka panjang di dalam tubuh dapat berdampak pada jantung dan pembuluh darah.

Ini meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan masalah kardiovaskular. Penelitian juga menunjukkan bahwa ini sebagian besar berlaku untuk orang yang memiliki penyakit psoriasis sedang hingga berat

Penyakit psoriasis adalah kondisi autoimun yang mempengaruhi kulit dan persendian. Penyakit ini mencakup dua kondisi.

Pertama adalah psoriasis yang terjadi ketika sistem kekebalan menyebabkan peradangan pada kulit, yang kedua adalah psoriasis arthritis, yang terjadi ketika sistem kekebalan menyebabkan peradangan pada persendian.

Adapun penelitian ini didasarkan pada 1.000 pasien dengan penyakit psoriasis. Ini menunjukkan bahwa peningkatan kadar dalam darah dari dua penanda spesifik dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena masalah kardiovaskular.

Penyakit jantung tetap menjadi penyebab utama kematian pada pasien dengan penyakit psoriasis. Itulah sebabnya penelitian lebih lanjut mendorong mengidentifikasi masalah jantung lebih awal, daripada hanya berfokus pada penyakit kulit dan sendi.

Menurut penelitian lain, psoriasis arthritis, yang mempengaruhi hingga 30 persen pasien dengan psoriasis, dikaitkan dengan insiden penyakit jantung yang lebih tinggi dibandingkan dengan populasi umum.

Kondisi ini terkait dengan 55 persen peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung iskemik, penyakit serebrovaskular, dan gagal jantung kongestif. Penelitian juga menunjukkan bahwa penyakit jantung dapat meningkatkan keparahan penyakit psoriasis.

Para peneliti telah menyarankan bahwa mengatasi risiko penyakit jantung pada pasien psoriasis dapat meningkatkan kualitas hidup dan status fungsional. Caranya adalah dengan mendidik dokter keluarga dan spesialis tentang hubungan antara kondisi tersebut.

Selain penanda darah, cara paling umum untuk mendeteksi penyakit jantung adalah pemeriksaan fisik. Seringkali, dokter akan memesan EKG, pemantauan Holter, atau tes stres untuk membantu memastikan diagnosis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro