Batuk/fastpaceurgantcare.com
Health

Ciri-ciri Batuk atau Sesak Napas Tanda Kanker Paru-Paru

Intan Riskina Ichsan
Jumat, 11 Maret 2022 - 12:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Kanker paru-paru dapat dimulai di bagian mana pun dari paru-paru atau saluran udara, lebih sering terjadi seiring bertambahnya usia. Sangat penting untuk mengetahui tanda-tanda yang muncul.

Kanker paru-paru adalah salah satu jenis kanker yang paling umum dan serius. Biasanya tidak ada tanda atau gejala pada tahap awal kanker paru-paru, tetapi banyak orang dengan kondisi tersebut akhirnya mengembangkan gejala.

Gejala Kanker Paru-Paru

Batuk atau sesak napas menjadi gejala yang dirasakan secara terus-menerus. Tanda-tanda lain termasuk batuk darah, kelelahan yang tidak dapat dijelaskan, penurunan berat badan, dan sakit atau nyeri saat bernapas maupun batuk.

Anda harus menemui dokter umum jika Anda memiliki gejala-gejala di atas. Menurut NHS Cancer Research UK, kanker paru-paru lebih awal berarti lebih mudah untuk diobati.

Terdapat juga gejala kanker paru-paru yang kurang umum, yang mungkin tidak disadari oleh sebagian orang. Dapat dilihat dari perubahan tampilan jari Anda, seperti menjadi lebih melengkung atau ujungnya menjadi lebih besar. Ini dikenal sebagai jari clubbing.

Beberapa orang mungkin juga merasakan pembengkakan pada wajah atau leher mereka, atau nyeri dada atau bahu yang terus-menerus. Tanda-tanda awal juga biasanya ringan dan sering keliru dikaitkan dengan kondisi lain yang kurang serius, seperti flu biasa.

Gejala awal kanker paru-paru biasanya melibatkan sistem pernapasan, yang meliputi hidung, mulut, tenggorokan, kotak suara, tenggorokan, dan paru-paru.

Bentuk Utama Kanker Paru-Paru

Ada dua bentuk utama kanker paru-paru primer. Ini diklasifikasikan berdasarkan jenis sel di mana kanker mulai tumbuh yaitu:

1. Kanker paru-paru non-sel kecil. Merupakan bentuk paling umum, terhitung lebih dari 87 persen kasus. Ini bisa menjadi salah satu dari tiga jenis: karsinoma sel skuamosa, adenokarsinoma atau karsinoma sel besar.

2. Kanker paru-paru sel kecil. Merupakan bentuk yang kurang umum yang biasanya menyebar lebih cepat daripada kanker paru-paru non-sel kecil.

Faktor Kanker Paru-Paru

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena kanker paru-paru. Merokok tembakau adalah penyebab terbesar kanker paru-paru di Inggris. Cancer Research mengatakan tujuh dari 10 kanker paru-paru disebabkan oleh merokok.

Jika Anda merokok lebih dari 25 batang sehari, Anda 25 kali lebih mungkin terkena kanker paru-paru daripada bukan perokok. Jika Anda tidak merokok, sering terpapar asap rokok orang lain dapat meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru.

Risiko kanker paru-paru Anda lebih tinggi jika Anda memiliki kerabat dekat (seperti orang tua atau saudara kandung) yang pernah menderita kanker paru-paru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro