Ilustrasi pasien Covid-19 yang sedang menjalani isoman berkonsultasi dengan dokter via layanan telemedisin/Freepik
Health

Brain Fog, Satu dari 200 Gejala Long Covid yang Kerap Terjadi

Nancy Junita
Jumat, 18 Maret 2022 - 05:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Brain fog adalah satu dari 200 gejala Long Covid-19 yang dicatat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dikutip dari@pandemictalks, Jumat (18/3/2022), bain frog adalah seseorang mengalami kesulitan untuk fokus, memiliki masalah dengan dengan daya ingat dan sulit tidur.

Selain brain fog, gejala long Covid yang sering dialami pentintas Covid-19 adalah kelelahan. Seseorang yang sudah dinyatakan negatif dari infeksi Virus Corona mudah merasa lelah selama berminggu-minggu.

Gejala inilah yang paling sering dikeluhkan penyintas Covid-19. Kemudian, gejala lain adalah kesulitan bernapas. Seseorang merasakan napas pendek saat melakukan aktivitas ringan.

Seperti diketahui, long Covid atau long term Covid adalah kondisi seorang penyintas Covid-19 telah dinyatakan negatif dan tidak menularkan, tapi masih memiliki berbagai gejala atau keluhan.

Di Indonesia, pada Desember 2021, menurut data Kemenkes, 63,5 persen pasien penyintas mengalami Long Covid-19. Itu artinya lebih dari 2 juta orang Indonesia yang sudah terkena Long Covid.

Hingga saat ini belum ada terapi yang komprehensif untuk pengobatan long Covid. Penderita long Covid, menurut Pandemictalks, harus bersabar karena proses perbaikan gela long Covid rata-rata membutuhkan waktu cukup lama, hingga berbulan-bulan.

Namun, ada penderita yang mengalami perbaikan, bahkan pulih 100 persen.

Oleh karena itu, setelah terinfeksi Covid-19 disarankan tetap mematuhi protokol kesehatan, tetap menjaga kesehatan dengan makan makanan dan minuman bernutrisi.

“Cek apakah ada gejala yang tertinggal dan jangan lupa konsultasikan ke dokter,” tulis Pandemictalks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro