Ilustrasi/iStokphoto
Health

Sayur-sayuran Ini Bisa Kurangi Risiko Cedera Paru Akibat Covid-19

Robby Fathan
Jumat, 25 Maret 2022 - 17:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Studi yang dilakukan kepada tikus oleh Johns Hopkins Medicine, menunjukkan bahwa mengonsumsi sayuran berdaun hijau, seperti brokoli, kembang kol, kale, kubis, dan pakcoy, dapat mengurangi risiko kerusakan paru-paru akibat Covid-19.

Hal tersebut disebabkan karena sayur-sayuran tersebut memiliki senyawa sulforafana atau sulforaphane--senyawa kaya sulfur yang terkandung dalam sayur-sayuran cruciferous.

Temuan itu mengungkapkan senyawa tersebut menurunan 17 persen jumlah virus di paru-paru dan sembilan persen penurunan jumlah virus di saluran pernapasan bagian atas.

Para peneliti juga menemukan bahwa cedera paru-paru 29 persen lebih rendah, dibandingkan dengan tikus yang tidak menerima sulforaphane.

Senyawa tersebut mengurangi peradangan di paru-paru dengan melindungi sel dari respons imun hiperaktif, yang tampaknya menjadi faktor pendorong yang menyebabkan orang meninggal karena Covid-19.

Sementara dalam penelitian sebelumnya, sulforaphane telah terbukti memberikan banyak manfaat kesehatan, terutama untuk pencernaan dan kanker. Senyawa tersebut juga memiliki sifat antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, anti-penuaan, pelindung saraf, dan anti-diabetes.

Penelitian tambahan pun menunjukkan, senyawa tersebut bisa mengurangi peradangan dengan menetralkan racun dalam tubuh.

Di sisi lain, dalam suatu percobaan, tim mengekspos sel tikus ke sulforaphane satu hingga dua jam sebelum menginfeksi sel dengan SARs-CoV-2. Mereka lalu menemukan, konsentrasi rendah senyawa tanaman mengurangi replikasi enam strain SARS-CoV-2 hingga 50 persen, termasuk varian Delta dan Omicron.

Temuan itu juga mengungkapkan bahwa menggabungkan sulforaphane dosis rendah dan remdesivir lebih efektif melawan virus daripada pengobatan yang diterapkan sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Robby Fathan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro