Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Digikagi Kembangkan Talenta Virtual Youtuber

Virtual Human adalah sebuah istilah yang digunakan oleh beberapa penggiat teknologi metaverse yang menggambarkan figur digital yang dimainkan atau diperankan oleh seseorang untuk dapat tampil dalam virtual space, baik itu sebuah media, platform maupun program.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 28 Maret 2022  |  09:56 WIB
Nico Alyus CEO OMNIVR
Nico Alyus CEO OMNIVR

Bisnis.com, JAKARTA - 2 brand digital OMNIVR dan Kunci Games berkolaborasi membentuk sebuah agency yang mengembangkan aspek vital hiburan digital yaitu Virtual Human yang dinamakan DigiKagi. 

Sebagai langkah pertama, DigiKagi akan mengembangkan dan menerbitkan beberapa talenta Virtual Human yang akan aktif membuat konten di platform YouTube. Skema talenta digital yang juga mulai marak disebut Virtual YouTuber atau VTuber ini juga akan menjadi salah satu fokus binaan DigiKagi, yang akan menerbitkan beberapa talenta di tahun 2022.

Fokus kegiatan pertama yang akan dilaksanakan oleh agensi dan talentanya ini adalah kolaborasi bersama Asosiasi Game Indonesia atau AGI. Kegiatan yang disebut #MainGameLokal ini akan menjadi sebuah inisiatif yang menarik banyak influencer game tanah air untuk memainkan dan mendorong minat pemain game tanah air untuk mencoba game karya developer lokal.

Kegiatan ini akan mengikutsertakan 30 influencer digital terpilih yang akan berpartisipasi. Influencer yang tertarik akan dapat mendaftarkan diri untuk kesempatan berpartisipasi dan juga mendapatkan berbagai insentif menarik dari penyelenggara, salah satunya adalah kontrak kerjasama eksklusif DigiKagi.

Bersamaan dengan campaign tersebut, DigiKagi juga dijadwalkan akan membuka audisi untuk talenta digital baru yang akan dibina menjadi Virtual Human generasi pertama dari agensi ini. Selain mengumumkan 3 talenta yang sudah dalam tahap pengembangan akhir, audisi talenta baru akan diumumkan oleh DigiKagi dalam beberapa bulan kedepan.

Virtual Human dari DigiKagi tidak hanya akan menjadi konten kreator di platform livestream atau video, namun juga diharapkan kedepannya akan mencakup industri konten lain yang akan dapat mengadaptasi perubahan atau pengembangan virtual world atau metaverse yang sedang banyak digunakan oleh berbagai kalangan dan berbagai industri, terutama hiburan.

Virtual Human adalah sebuah istilah yang digunakan oleh beberapa penggiat teknologi metaverse yang menggambarkan figur digital yang dimainkan atau diperankan oleh seseorang untuk dapat tampil dalam virtual space, baik itu sebuah media, platform maupun program.

Model, Streamer, YouTuber dan lainnya, semua dapat bertransformasi menjadi Virtual Human dengan representasi avatar yang dimotori dengan motion tracking. DigiKagi akan menjadi salah satu agensi digital yang dibuat untuk mengembangkan talenta dan teknologi yang dibutuhkan oleh skena Virtual Human di Indonesia.

Berdasarkan data dari Kominfo, pertumbuhan belanja Game di tanah air sudah menembus di atas 1 Milyar USD di tahun 2020 kemarin. Dan menempatkan Indonesia sebagai pangsa pasar game terbesar di Asia Tenggara. Namun sayangnya dari angka tersebut, diperkirakan hanya 0,4% yang masuk ke kantong game developer lokal.

Salah satu issue yang menjadi penyebab kurangnya antusiasme terhadap game lokal adalah kurang masifnya promosi dan interaksi sosial untuk mengangkat soal Game buatan dalam negeri. Ini adalah PR yang sedang kami coba kerjakan dan menjadi misi kami dalam mengangkat industri game lokal.” sebut Nico Alyus selaku CEO dari OMNIVR, salah satu pencetus DigiKagi.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

youtube layanan virtual virtual Virtual Reality Youtube Pameran Virtual Youtube premium
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top