Seseorang merasakan kesepian/Istimewa
Health

6 Hal yang Sering Dianggap Enteng Ini Ternyata dapat Merusak Kesehatan Jantung

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 6 April 2022 - 09:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jantung kita adalah organ penting dalam kehidupan.

Menjaganya agar tetap sehat sangat penting untuk menjalani hidup yang panjang dan bebas penyakit.

Untuk itu, termasuk pola makan yang sehat dan olahraga teratur dianggap penting. Selain kedua hal tersebut, ada beberapa aktivitas lain yang secara mengejutkan berdampak pada kesehatan jantung kita.

Meskipun tampak seperti aktivitas yang tidak berbahaya, dalam jangka panjang mereka dapat mengurangi efisiensi jantung Anda, membuat Anda lebih rentan terhadap kondisi jantung.

Berikut enam aktivitas mengejutkan yang bisa membahayakan kesehatan jantung Anda.

1. Duduk sepanjang hari

Terlepas dari apakah pekerjaan Anda menuntut Anda untuk duduk sepanjang hari di tempat yang sama atau jika Anda suka menghabiskan sepanjang hari berbaring di sofa, duduk sepanjang hari dapat melipatgandakan risiko gagal jantung. Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Heart Association (AHA), mereka yang tidak cukup bergerak atau cenderung duduk selama lima jam atau lebih setiap hari lebih mungkin mengalami masalah jantung. Untuk menjaga kesehatan jantung dianjurkan untuk berjalan kaki lima menit setiap jam.

2. Tidak menggunakan benang gigi

Kebiasaan mulut yang tidak sehat tidak hanya menyebabkan masalah gigi seperti radang gusi dan kerusakan gigi, tetapi juga dapat menyebabkan penyakit terkait jantung dan ginjal. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Periodontal Research menemukan bahwa orang yang menggunakan benang gigi secara teratur cenderung tidak menderita masalah yang berhubungan dengan jantung. Itu karena bakteri yang menyebabkan masalah gusi juga dapat memicu peradangan dalam tubuh, meningkatkan risiko penyakit jantung. Flossing membantu menghilangkan bakteri tersembunyi dari mulut.

3. Kesepian

Ya, kesepian bisa menjadi penyebab masalah kesehatan mental dan fisik. Orang yang kesepian lebih rentan menderita penyakit jantung. Menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman membantu mengurangi tingkat stres dan juga menambah tahun dalam hidup Anda. Bahkan mengadopsi hewan peliharaan dapat membantu membawa kebahagiaan dalam hidup.

4. Hubungan yang tidak bahagia

Hidup dalam hubungan yang beracun atau tidak bahagia juga telah ditemukan terkait dengan lonjakan kasus masalah jantung. Ini meningkatkan tingkat stres dan membuat Anda menikmati kebiasaan makan yang tidak sehat. Hal ini pada akhirnya meningkatkan risiko masalah jantung pada pasangan. Hubungan yang bahagia dan puas membuat orang tersebut sehat secara mental dan fisik dan meningkatkan umur panjang.

5. Terlalu banyak berolahraga dalam satu waktu

Berolahraga sangat bagus untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan jantung. Tetapi terlalu banyak berolahraga pada satu waktu, terutama ketika Anda tidak bugar atau sudah lama tidak berolahraga dapat memberi tekanan ekstra pada jantung Anda, meningkatkan risiko masalah jantung. Bekerja terlalu keras dan terlalu cepat dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Jadi, mulailah perlahan dan dengarkan tubuh Anda saat berolahraga.

6. Kebanyakan garam

Menaburkan garam ekstra ke dalam makanan Anda dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Bahkan makanan olahan dan junk food dapat menempatkan Anda pada risiko masalah jantung dan masalah jantung lainnya. Mengambil lebih dari 5 gram garam dalam makanan Anda juga dapat menempatkan Anda pada risiko masalah kesehatan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro