Perempuan sedang hamil
Health

Manfaat Puasa bagi Ibu Hamil, Tekan Risiko Diabetes Gestasional

Aliftya Amarilisya
Rabu, 6 April 2022 - 15:20
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Jika kondisi kesehatannya baik, pada dasarnya tak ada larangan bagi ibu hamil untuk berpuasa, bahkan ada sejumlah manfaat tersendiri dari berpuasa untuk para bumil.

Dilansir dari SehatQ, Rabu (5/4/2022), adapun manfaat tersebut antara lain mempercepat metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, puasa yang dilakukan saat trimester kedua dapat menekan risiko diabetes gestasional, seperti yang dipaparkan oleh dr. Kresno Condro Adhi, SpOG.

“Saat ibu hamil berpuasa, dia akan mencegah kemungkinan terjadinya DM gestasional [atau] kondisi diabetes pada saat hamil," kata dr. Kresno, dikutip dari Solopos.com.

Selain itu, ia menambahkan, berpuasa juga bisa menurunkan kemungkinan naiknya berat badan berlebih.

Meski begitu, dr. Kresno menekankan agar ibu hamil yang berpuasa tidak memaksakan diri untuk melakukan aktivitas fisik yang berat.

“Aktivitas fisiknya jangan dipaksakan. Kalau hamil, berpuasa, kemudian masih harus bekerja berlebih, naik turun tangga, ya biasanya banyak yang tidak kuat,” katanya.

Sementara itu, ia menyarankan agar para ibu hamil memperbanyak konsumsi karbohidrat kompleks serta protein saat sahur dan berbuka puasa.

Tak ketinggalan, ia juga mengingat agar ibu hamil melakukan olahraga ringan guna melenturkan otot dasar panggul, agar saat persalinan lebih elastis sehingga proses kelahiran bayi pun lebih mudah.

“Olahraga dengan gerakan yang santai saja. Misalnya renang, itu salah satu olahraga yang aman untuk ibu hamil,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro