Cara menghindari sakit kepala saat puasa Ramadan/mims.com
Health

Cara Mencegah Sakit Kepala Saat Puasa Ramadan

Novita Sari Simamora
Senin, 11 April 2022 - 12:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat menjalankan puasa Ramadan, sakit kepala sering muncul karena kadar gula darah rendah, dehidrasi, penarikan kafein dan kurang tidur.

Banyak orang yang meyakini bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung gula saat sahur akan meningkatkan kadar gula darah sepanjang hari, tetapi ternyata tidak. Makanan manis akan meningkatkan kadar insulin Anda sehingga Anda akan memproduksi insulin secara berlebihan, yang menyebabkan tubuh Anda merasa lapar segera setelahnya.

Rasa lelah akan muncul setelah Anda mengonsumsi gula yang banyak. Mengutip dari ArabNews, Senin (11/4/2022), kelelahan ini juga bisa menyebabkan sakit kepala saat Anda menjalankan  puasa.

Cara menghindari sakit kepala saat puasa:

1. Jaga asupan air

Menjaga asupan air Anda selama berpuasa sangat penting. Konsumsi air yang cukup saat sahur dan berbuka sangat penting.

Jauhi gula tinggi dan soda yang mengandung kafein yang hanya akan membuat Anda semakin dehidrasi.

2. Hindari kafein

Mengonsumsi kafein menyebabkan pembuluh darah menyempit, itulah sebabnya detak jantung Anda meningkat. Mengurangi asupan kafein memungkinkan pembuluh darah terbuka dan meningkatkan aliran darah ke otak.

Perubahan aliran darah yang tiba-tiba ini dapat menyebabkan sakit kepala penarikan yang menyakitkan karena otak beradaptasi dengan peningkatan aliran darah.

Pengurangan penggunaan kafein dalam minggu-minggu menjelang Ramadan, serta secangkir kopi kental segera sebelum puasa dimulai, dapat membantu mengurangi sakit kepala. Dan ingat, seiring berjalannya bulan Ramadan, tubuh Anda harus mulai mengatur dan sakit kepala akan mereda.

3. Tidur yang cukup

Kurang tidur adalah faktor lain yang dapat menyebabkan banyak efek berbahaya, termasuk sakit kepala. Mengatur jam tidur selama Ramadan, menghindari begadang dan memastikan tidur siang di siang hari pasti akan membantu. Tetap di tempat yang dingin di siang hari dan hindari sinar matahari atau tempat panas jika memungkinkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro