Golongan darah
Health

Ini Golongan Darah yang Paling Berisiko Terkena Penyakit Jantung, Menurut Sains

Intan Riskina Ichsan
Senin, 18 April 2022 - 10:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Mengalir melalui pembuluh darah kita setiap detik setiap hari adalah variasi kecil yang mengkategorikan darah kita ke dalam kelompok: A+, A-, B+, B-, O-, O+, AB+ dan AB-

Perbedaan kecil ini biasanya tidak menjadi masalah, sampai ketika Anda berada di rumah sakit yang membutuhkan transfusi darah atau setelah Anda mendonorkan darah. Beberapa orang mengetahui selama kehamilan, ketika perawatan khusus diperlukan untuk seseorang dengan golongan darah negatif seperti yang dikutip dari C Net.

Penelitian yang sedang berlangsung tentang golongan darah menunjukkan bahwa itu lebih penting daripada yang kita pikirkan, setidaknya ketika menilai risiko untuk kondisi kesehatan tertentu, terutama penyakit jantung. Perbedaan yang tidak terlihat dalam darah ini dapat memberi beberapa orang keunggulan dalam mencegah masalah kardiovaskular.

Perbedaan Tiap Golongan Darah

Huruf A, B dan O mewakili berbagai bentuk gen ABO, yang memprogram sel darah kita secara berbeda untuk membentuk golongan darah yang berbeda pula. Jika Anda memiliki golongan darah AB, tubuh Anda diprogram untuk memproduksi antigen A dan B pada sel darah merah. Seseorang dengan golongan darah O tidak menghasilkan antigen apapun.

Darah dikatakan "positif" atau "negatif" berdasarkan apakah ada protein pada sel darah merah. Jika darah Anda memiliki protein, Anda Rh positif.

Orang dengan golongan darah O dianggap sebagai "donor universal" karena darah mereka tidak memiliki antigen atau protein apa pun, yang berarti tubuh siapa pun akan dapat menerimanya dalam keadaan darurat.

Para peneliti tidak sepenuhnya tahu mengapa ada golongan darah yang berbeda, tetapi faktor-faktor seperti asal nenek moyang seseorang dan infeksi masa lalu yang memicu mutasi pelindung dalam darah telah berkontribusi pada keragaman.

Golongan Darah yang Paling Berisiko Terkena Penyakit Jantung

Orang dengan tipe A, tipe B atau tipe darah AB lebih mungkin mengalami serangan jantung atau mengalami gagal jantung.dibandingkan orang dengan tipe O.

Sementara peningkatan risikonya kecil (tipe A atau B memiliki risiko gabungan 8% lebih tinggi dari serangan jantung dan 10% peningkatan risiko gagal jantung, menurut satu penelitian besar) perbedaan tingkat pembekuan darah jauh lebih tinggi.

Orang-orang dalam penelitian yang sama dengan golongan darah A dan B adalah 51% lebih mungkin untuk mengembangkan deep vein thrombosis dan 47% lebih mungkin untuk mengembangkan emboli paru, yang merupakan gangguan pembekuan darah yang parah yang juga dapat meningkatkan risiko gagal jantung.

Alasan peningkatan risiko ini ada hubungannya dengan peradangan yang terjadi pada tubuh orang dengan golongan darah A, B, atau AB. Protein yang ada dalam darah tipe A dan tipe B dapat menyebabkan lebih banyak "penyumbatan" atau "penebalan" di pembuluh darah dan arteri, yang menyebabkan peningkatan risiko pembekuan dan penyakit jantung.

Konsekuensi lain dari golongan darah

Orang dengan golongan darah O menikmati risiko penyakit jantung dan pembekuan darah yang sedikit lebih rendah, tetapi mereka lebih rentan terhadap gangguan pendarahan, terutama setelah melahirkan. Ini menurut sebuah penelitian tentang kehilangan darah pascapersalinan, yang menemukan peningkatan risiko pada wanita dengan golongan darah O.

Orang dengan golongan darah O juga lebih buruk setelah cedera traumatis karena kehilangan darah yang meningkat. Penelitian lain telah menemukan peningkatan risiko gangguan kognitif pada orang dengan golongan darah AB bila dibandingkan dengan orang dengan tipe O. Gangguan kognitif mencakup hal-hal seperti kesulitan mengingat, fokus atau membuat keputusan.

Gaya Hidup Berdasarkan Golongan Darah

Penelitian yang tersedia sekarang menunjukkan bahwa golongan darah dapat menentukan skala dalam hal risiko seseorang terkena penyakit jantung. Faktor-faktor besar seperti diet, olahraga atau bahkan tingkat polusi yang Anda hadapi juga merupakan pemain utama dalam menentukan kesehatan jantung.

Tidak ada rekomendasi khusus untuk pasien yang mencoba menjaga kesehatan jantung mereka selain diet sehat jantung yang baik yang menurunkan peradangan, terlepas dari golongan darah seseorang.

Penelitian di masa depan dapat menawarkan cara yang lebih pasti bagi dokter untuk merawat pasien berdasarkan golongan darah mereka. Semua faktor dipertimbangkan sama, pasien dengan kadar kolesterol sehat dan golongan darah A dapat mengambil manfaat dari mengonsumsi aspirin setiap hari sedangkan mungkin tidak diperlukan untuk orang yang senasib dengan golongan darah O.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro