Ilustrasi rencana diet untuk menurunkan berat badan/ Freepik
Health

Wah, Diet Ini Bisa Turunkan Berat Badan Sekaligus Cegah Depresi

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 24 April 2022 - 11:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Makanan dapat memengaruhi kesehatan Anda, sekalugus juga dapat berdampak signifikan pada pikiran Anda.

Mereka dapat memengaruhi cara kerja otak Anda, membuat Anda tetap berpikir tajam, atau mempercepat penurunan kognitif Anda. Mereka juga dapat memainkan peran penting dalam suasana hati Anda, baik memberi Anda dorongan yang Anda butuhkan untuk melewati hari atau membuat Anda lesu.

Sekarang, sebuah studi baru menunjukkan bahwa menjalankan diet Mediterania dapat membantu memerangi depresi dan meningkatkan mood Anda.

Dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE, para peneliti mengamati sekelompok hampir 7.000 orang dewasa yang lebih tua selama periode dua tahun. Semua peserta tetap menjalani diet Mediterania, dengan satu kelompok mengikuti versi diet yang dibatasi kalori dan kelompok lainnya tidak memiliki batasan seperti itu.

Para peneliti menemukan bahwa peserta di kedua kelompok melihat penurunan gejala depresi, menyimpulkan bahwa hubungan antara diet dan gangguan mood "pantas penelitian lebih lanjut."

"Studi ini kuat karena merupakan kohort longitudinal, yang memungkinkan penilaian perubahan dari waktu ke waktu," David Wiss, PhD, MS, RDN, CEO di Wise Mind Nutrition, mengatakan terlalu sering, orang mengasosiasikan nutrisi dengan berat badan dan perubahan biomarker. Ketika nutrisi berlebihan, orang dapat mengabaikan potensi nutrisi untuk memperbaiki suasana hati.

Dia menambahkan bahwa bukti mendukung dampak positif diet Mediterania pada gejala depresi melalui "berbagai jalur" dan bahwa diet dapat membantu meningkatkan kualitas hidup orang.

Chelsea Jackle, MFN, RDN, LD, ketua tim Ahli Gizi di Cerebral, menyebutkan bahwa, meskipun makanan dapat memainkan peran penting dalam perasaan Anda, penting untuk mengambil pandangan yang lebih luas tentang kesehatan mental Anda, menggabungkan kebiasaan yang meningkatkan suasana hati dan tetap memperhatikan faktor-faktor di luar kendali Anda.

"Pasti ada hubungan antara makanan yang Anda makan dan kesehatan mental Anda, tapi itu selalu jelas," katanya.

"Meskipun banyak penelitian menghubungkan kondisi kesehatan mental seperti depresi dengan makanan yang kita makan, hasil ini tidak selalu konsisten. Kesehatan mental Anda juga dipengaruhi oleh hal-hal seperti gen, gaya hidup, dan lingkungan Anda. Makanan yang Anda makan tidak akan menyebabkan atau mengobati kondisi kesehatan mental mereka sendiri, tetapi mereka bisa menjadi bagian penting dari teka-teki."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro